Kali Kedua Laporan Keuangan Pemkot Pangkalpinang Memperoleh Opini WTP

0
223

RedBabel, Pangkalpinang – Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memberikan laporan pertanggungjawaban (APBD) Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018, bertempat di gedung DPRD kota, Senin pagi (15/07).

Dalam sambutannya Molen mengucapkan terimakasih yang sebanyak banyaknya kepada pimpinan dan anggota DPRDyang tergabung dalam Badan Anggaran, serta Komisi dan Pansus yang bersinergi menguras pikiran dalam memberikan tanggapan pendapat serta persetujuan akhir dari fraksi.

Molen mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri no 13 tahun 2006 pasal 305 ayat 1 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. Bahwa Kepala Daerah harus memberikan laporan pelaksanaan (APBD) kepada DPRD selambat lambatnya 6 bulan setelah Tahun Anggaran berakhir.

“Bersamaan dengan RAPERDA, kami juga menyertakan laporan audite Pemkot Pangkalpinang berupa Laporan Realisasi Anggaran (LRA), neraca, arus kas, operasional, perubahan ekuitas, perubahan SAL, serta catatan laporan keuangan APBD tahun 2018 lalu, dapat Lebih cepat diselesaikan dan dapat pula mempercepat proses laporan perubahan anggaran tahun yang berjalan”, Kata molen.

Molen juga menambahkan, yang tidak kalah penting ialah Bagaimana menyajikan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah (SAP) berupa opini tidak wajar, tidak memberikan opini(disclaimer), Wajar Dengan Pengecualian(WDP), ataupun Wajar Tanpa Pengecualian(WTP)

“Dan alhamdulillah Selama 15 tahun ini untuk ke-2 (dua) kalinya Pemkot Pangkalpinang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), ini bukanlah hal yang mudah didapat, ini buah dari sinergi dari semua pihak (stakeholder), seluruh OPD dan jajarannya serta komitmen dari Sekda dengan staff masing masing OPD yang bersama sama bekerja maksimal dalam mewujudkannya, untuk itu saya ucapkan terima kasih”, Ungkap Molen

Dalam laporannya tentang realisasi anggaran (LRA), neraca, arus kas, operasional, perubahan ekuitas, perubahan SAL, Serta catatan laporan keuangan APBD tahun 2018 lalu, diketahui hasil saldo kas akhir pertanggal 31 desember 2018 adalah Rp. 180.268.711.384,25 (seratus delapan puluh miliar Dua ratus enam puluh delapan juta tujuh ratus sebelas ruby tiga ratus delapan puluh empat koma dua puluh Lima rupiah).

“Kue jongkong warnanya hijau dari daun pandan,
Didalamnya gula merah yang dicairkan,
laporan keuangan Pemkot sudah selesai pemeriksaan,
Alhamdulillah opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian”, Tutup molen dengan pantun. (*RN/Ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.