Kajati Babel : Tugas TP4D Mengawal & Mengamankan, Bukan Mencari Penghasilan.

0
184

RedBabel, Pangkalpinang – Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), dibentuk berdasarkan Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor : KEP-152/A/JA/10/2015 tanggal 01 Oktober 2015, yang selanjutnya dikeluarkan Instruksi Jaksa Agung RI Nomor : INS-001/A/JA/10/2015 tentang Pembentukan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4) Kejaksaan Republik Indonesia, untuk ditindaklanjuti oleh segenap jajaran Kejaksaan di seluruh Indonesia.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Aditia Warman menegaskan, tugas TP4D adalah mengawal dan mengamankan proyek – proyek pembangunan strategis yang ada di daerah.

” Kita mengamankan dalam konteks hukumnya. Secara fisik kita tidak mengerti tapi secara hukumnya kita mengerti. Maka, kita kalau ada proyek proyek, seperti saya baca di media proyek ini retak ini itu, secara fisik TP4D tidak akan mengerti karena TP4D bukan insinyur tapi TP4D adalah Sarjana Hukum,” Ujar Aditia Warman kepada wartawan usai acara Sertijab Wakajati Babel, Asintel dan Kajari Bangka Barat, Rabu (31/7/2019), pagi.

Akan tetapi menurut Kajati, dengan kondisi demikian ada yang harus dilakukan TP4D. Misalkan, TP4D dapat memanggil PPK, Kontraktor untuk memberikan arahan agar dapat terlaksanakan (perbaikan..red).

“Apa masalahnya, Carikan solusi hukumnya, segera perbaiki gitu. TP4D itu mengawal dan mengamankan bukan mencari penghasilan disana, kita sudah digaji pemerintah,” Tegasnya.

Selanjutnya Kajati kembali menegaskan TP4D bertugas mengawal dan mengamankan. Mengawal disini menurut Kajati bukannya sebagai bodyguad.

“Mengamankan disini jangan sampai proyek diganggu-ganggu. Kalau ada yang macam macam mengatasnamakan LSM nakut nakuti itu urusan kami, ” Terangnya. (*RN/Riil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.