Jalin Silaturahmi, BPJ Buka Puasa Bersama Awak Media

0
34

RedBabel-PANGKALPINANG – Bambang Patijaya Anggota DPR RI Komisi VII fraksi partai Golkar mengadakan silaturahmi sekaligus buka bersama awak media kota Pangkalpinang.

Jum’at 30 April 2021 sejak pukul 17.00 wib para insan media kota Pangkalpinang telah datang memenuhi undangan ketua DPD Partai Golkar Kepulauan Bangka Belitung itu. Puluhan awak media kota Pangkalpinang memenuhi ruang pertemuan restoran Gale Gale.

Dalam sambutannya, BPJ yang juga menjabat sebagai ketua Pengusaha Hotel dan Restoran Republik Indonesia Babel itu mengatakan bahwa agenda seperti ini rutin ia lakukan sejak tahun 2014, dan di tahun ini merupakan kali pertama ia lakukan sejak duduk menjadi anggota dewan republik Indonesia.

“Agenda ini rutin kita lakukan, dalam rangka menjaga silaturahmi saya dengan para teman-teman media di Kota Pangkalpinang, dari awal saya belum menjadi anggota dewan, dan bersyukur hari ini dengan “sah” sebagai anggota DPR RI kembali menyapa teman-teman media”, ujarnya.

Tidak lama dalam paparannya acara harus dihentikan sementara karena waktu maghrib tiba, dan BPJ langsung mempersilakan hadirin untuk berbuka puasa, makan serta sholat maghrib.

Setelah makan dan sholat, acara sesi kedua dibuka kembali dengan sesi tanya jawab. Kemudian pembawa acara membuka termin bagi tiga penanya.

Pertanyaan pertama datang dari Wahyu media Laskar Pelangi menanyakan tentang perkembangan royalti bagi pemerintah Babel dari PT. Timah dan regulasi Logam Tanah Jarang (LTJ), khususnya zircon. Kemudian pertanyaan kedua terkait masalah kegiatan pertambangan di Babel yang telah merambah wilayah hutan lindung. Bagaimana peran komisi VII DPR RI dalam menangani aparat penegak hukum yang disinyalir “main mata”. Pertanyaan ketiga terkait aktivitas penambangan pasir kwarsa.

Menanggapi ketiga pertanyaan itu, Bambang Patijaya menanggapi dengan singkat dan padat. Terkait Royalti 3% yang diterima pemprov Babel dinilai sangat kecil, dengan kapasitasnya sebagai wakil rakyat BPJ menyarankan kenaikan royalti berjenjang, kemudian terkait masalah saham, ia mengusulkan dengan sistem “participating intrest” (cost recovery), dan menurutnya hal ini akan dibahas lebih lanjut setelah lebaran.

Anggota DPR RI Komisi VII Partai Golkar Bambang Patijaya Saat Menanggapi Pertanyaan-pertanyaan Dari Awak Media

Kemudian pertanyaan terkait logam tanah jarang (LTJ) ia menegaskan bahwa belum ada data yang akurat seberapa banyak kandungan itu di bumi Babel. Lalu menanggapi pertanyaan terkait regulasi monasit, elmenit dan zircon, ketiga LTJ ini, baru zircon yang memiliki regulasi, namun menurutnya regulasi yang ada belum komprehensif dan holistik. Menanggapi peran anggota legeslatif pusat terhadap aparat penegak hukum di daerah terkait aktivitas tambang yang telah merambah hutan lindung, menurut BPJ upaya penertiban yang telah dilakukan oleh pihak kepolisian selama ini harus kita apresiasi. Kemudian menanggapi pertanyaan tentang perusahaan pasir kwarsa, BPJ menegaskan bahwa yang namanya aktivitas penambangan imbasnya pasti pada kerusakan alam dan tidak akan enak dipandang, namun jika aktivitas tersebut dapat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat kemudian masyarakat tidak mengeluh serta negara tidak dirugikan, maka bukan sebuah masalah.

Setelah menanggapi setiap pertanyaan yang dilontarkan audien, BPJ kemudian mengakhiri acara pertemuan dan berharap antara legeslatif dan awak media terus bersinergi menjalin komunikasi, karena media merupakan mitra yang harus dirangkul guna menyampaikan informasi kepada masyarakat. Tak lupa sebelum menutup sambutannya BPJ berharap para awak media diberikan kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa, sehingga benar-benar kembali ke fitrahnya saat idul fitri tiba.

“Media bagi saya adalah mitra, untuk itu acara seperti ini akan terus saya adakan, karena antara anggota legeslatif dan media harus saling bersinergi dalam rangka memberikan informasi yang berkualitas kepada masyarakat, saya doakan teman-teman media diberikan kelancaran dalam beribadah di bulan puasa, tolong doakan saya juga agar terus mampu menjaga amanah dari masyarakat sebagai anggota DPR RI dapil Babel,” pungkasnya. (Ab)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.