Jadi Irup Parade dan Syukuran HUT Brimob ke -73, Gubernur Erzaldi Sampaikan Lima Pesan Kapolri

0
189

RedBabel, Bangka Tengah- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, didaulat sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Parade dan Syukuran HUT ke-73 Korps Brimob Polri, yang diselenggarakan di  Lapangan Upacara Mako Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Babel, Jalan Tapak Dewa Desa Tanjung Gunung, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Rabu (14/11/2018).

Turut hadir dalam Upacara itu, Forkopimda Babel, para Pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, Pimpinan Kepolisian Babel dan jajarannya, serta ibu – ibu Bhayangkari Babel.

Kapolri Tito Karnavian mengawali sambutannya yang dibacakan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, berharap, dengan ulang tahun ke-73 Korps Brimob Polri, Brimob Polri semakin dicintai masyarakat, dan senantiasa memberikan darmabakti terbaik kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Melalui berbagai penugasan, Brimob Polri telah menunjukkan kontribusi nyata bernilai penting bagi pemeliharaan stabilitas kamtibmas di Indonesia. Sebagai satuan elit Polri, Brimob berhasil dalam mendukung pengamanan Operasi Ketupat 2018, maupun berbagai event Internasional seperti Asian Games 2018, Asian Paragames 2018, IMF Word Bank Annual Meeting 2018,” kutip Gubernur.

Selain itu, Gubernur Erzaldi juga menyampaikan, Brimob telah bergerak dengan cepat dalam membantu penanganan korban bencana alam, baik di Nusa Tenggara Barat maupun pada bencana alam yang terjadi di Sulawesi Tengah, sehingga proses evakuasi bisa berjalan dengan cukup baik, termasuk dalam penanganan pasca kejadian.

Kapolri Tito, ditambahkan Gubernur,  juga memberikan apresiasi peran serta Brimob dalam mendukung terlaksananya operasi penegakkan hukum terhadap jaringan terorisme di Sulawesi Tengah dan kelompok kriminal bersenjata di Papua, serta pengamanan berbagai aksi unjuk rasa dengan jumlah massa yang besar. Demikian pula dengan torehan prestasi para personel Brimob di berbagai event kejuaraan menembak dan penugasan lain di luar negeri.

Pada kesempatan itu, juga disampaikan eksistensi yang telah ditunjukkan Satuan Brimob, turut memberikan point positif dalam upaya institusi Polri untuk terus meningkatkan kepercayaan publik sebagaimana telah sering diutarakan dalam dukungan penuh para personel Brimob, untuk mendukung tugas-tugas penting yang dibebankan kepada Polri.

Pemolisian di era demokrasi, ditambahkan Erzaldi, bertumpu pada upaya untuk meraih kepercayaan publik selaku pemegang kekuasaan tertinggi negara, untuk meraih kepercayaan publik terhadap Polri dengan penetapan Program Promoter dengan tiga kebijakan utama yaitu peningkatan kinerja yang diwujudkan dengan peningkatan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakkan hukum, dan pemeliharaan kamtibmas secara optimal, perbaikan kultur yang duwujudkan dalam menghilangkan budaya serta menghilangkan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menghiangkan kekerasan eksesif.

“Saya mengingatkan tentang berbagai tantangan tugas ke depan akan segera kita hadapi, antara lain pelaksanaan Operasi Lilin 2018, serta pengamanan tahapan Pemilu Tahun 2019 yang saat ini tengah berlangsung. Pemilu 2019 memiliki karakteristik dan potensi kerawanan yang khas, karena antara Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara bersamaan, sehingga berpotensi menimbulkan kompleksitas dalam tahapan pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi,” kutip Gubernur lagi.

Diujung sambutan, Gubernur Erzaldi Rosman menyampaikan 5 pesan Kapolri Tito, kepada seluruh personel Korps Brimob Polri, Pertama, senantiasa tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa , serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan.

Kedua, jaga kehormatan pribadi, kesatuan, dan institusi Polri, dengan menghindarkan diri dari berbagai pelanggaran dan perbuatan yang dapat merusak nama baik dan mencederai kepercayaan masyarakat terhadap istitusi Polri; Ketiga, terus pelihara kesiapsiagaan personel, serta sarana dan prasarana pendukung. Laksanakan pemetaan potensi gangguan secara cermat dan persiapkan seluruh pelaksanaan tugas dengan optimal.

Pesan Keempat, jangan pernah lelah untuk meningkatkan pengetahuan dalam ketrampilan. Terus belajar dan berlatih guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas; dan pesan Kelima Kapolri, jalin kerjasama sinergitas dengan seluruh elemen bangsa, pemangku kepentingan, dan masyarakat.

Kemudian, jaga kerukunan dengan personel TNI di semua tingkatkan, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari hari. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.