International Betta Competition Indonesia League II Siap Digelar di Pangkalpinang

0
659
International Betta Competition Indonesia League II

RedBabel, Pangkalpinang- Penghobi ikan Betta Splendens atau yang lebih dikenal dengan ikan Cupang hias akan berpartisipasi dalam ajang International Betta Competitions, Kegiatan yang di selenggarakan oleh BABEL BETTA COMMUNITY akan berlangsung tanggal 6-8 July 2018 bertempat di Gedung Panti Wangka Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung. Peserta International Betta Competitions ini berasal dari seluruh penjuru Nusantara. Peminatnya, bahkan dari mancanegara salah satunya Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Taiwan, Singapura.

Perry Shaq selaku ketua pelaksana kegiatan kontes ketika ditemui redbabel mengatakan pada pelaksanaan kontes yang ketujuh ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ia katakan, “Jika tahun tahun sebelumnya panitia ataupun juri menggunakan sistem penilaian Standard Nasional, dan untuk saat ini Juri penilaian menggunakan sistem penilaian Standard Internasional Betta Congress (IBC) dan Di Pangkalpinang sendiri baru pertama kalinya menggunakan standard Internasional Betta Congress (IBC)”, Ungkapnya.

Lebih lanjut ia katakan “Perbedaan Standard Nasional sendiri hanya penampilan ikan saja yang diutamakan misalnya mulai dari bentuk ikan, ekor/sirip ikan harus sempurna jika tidak memenuhi kriteria dipastikan tidak lolos kualifikasi. Sehingga dengan standard nasional maka dikuatirkan banyak peserta yang melakukan manipulasi ikan.Misalnya, sirip ikan dirapikan dengan alat potong sehingga penampilannya sempurna”, Pungkasnya.

“Beda halnya dengan penilaian dalam kontes standard IBC dan ini lebih mengutamakan kombinasi warna pada ikan Betta.Tidak diperbolehkan rekayasa pada ikan ataupun Disalon. Apabila ada yang ketahuan terbukti mempermak ikan, secara otomatis akan didiskualifikasi karena Standard IBC itu adalah ikan alami dari hasil pembudidayaan”, Jelasnya. Dalam kontes bertaraf internasional ini pihaknya melibatkan juri profesional yang sudah terverifikasi standard IBC.

Perry Shaq juga menambahkan” Kegiatan ini juga bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat luar’ bahwa Bangka Belitung juga sudah banyak pembudidaya pembudidaya ikan Cupang Hias sekelas Internasional. Kedepannya diharapkan ditangan pembudidaya khususnya Bangka Belitung dapat menghasilkan Ikan Betta (Ikan Cupang) yang lebih bervariasi lagi”, Harapnya. Selain kontes Ikan Betta (Ikan Cupang Hias) berkelas “International Betta Competition” kegiatan ini juga akan diramaikan dengan Pameran Aqua scape dan Pameran louhan juga”,Tutupnya. (Sdy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.