Ini Pesan Wako Pangkalpinang di Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-73

0
205

RedBabel, Pangkalpinang- Walikota Pangkalpinang H Maulan Aklil S.IP, M.SI hadir sebagai pembina upacara dalam memperingati Hari Guru Nasional dan HUT ke 73 PGRI tingkat Kota Pangkalpinang tahun 2018. Kegiatan yang bertema “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad ke 21” diselengarakan oleh panitia Hari Guru dan HUT PGRI Kota Pangkalpinang berlangsung di Halaman Kantor Walikota Pangkalpinang, Senin (26/11).

Walikota Pangkalpinang H Maulan Aklil S.IP, M.SI dalam amanatnya menyampaikan Martabat guru semakin di junjung tinggi seiring dengan meningkatnya profesionalisme yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan dan dedikasi dalam menjalankan tugas mulianya. “Pada kesempatan ini ‘mengingat tantangan pendidikan diabad sekarang semakin berat hal ini niscayanya peningkatan profesionalisme menyangkut sikap mental komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman harus selalu ditingkatkan.

“Untuk itu diperlukan guru yang profesional, guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang super cepat untuk meningkatkan kulaitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan kompetensi global.”Ujarnya. Akan tetapi walaupun teknologi informasi berkembang sedemikian cepat dan sumber sumber belajar begitu mudah diperoleh’ peran guru sebagai pendidik tidak tergantikan oleh kemajuan teknologi.” Ungkapnya.

“Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan , melatih , menilai dan mengevaluasi setiap peserta didik Oleh sebab itu profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian guru tidak hanya bertugas mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Tugas guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupan termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak serta sebagai inspirator bagi anak didik. “Saat ini kurang bijak rasanya kita hanya menyalakan dasyatnya perkembangan teknologi informasi kita harus mampu mengalahkannya menjadi potensi positif alih alih terkena dampak negatif.

Peningkatan profesionalisme guru menjadi sangat penting karena hal itu merupakan salah satu syarat utama dalam perwujudan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter serta menguasai kecakapan yang dibutuhkan setiap peserta didik. Untuk itu kita bertekad pada masa masa mendatang para guru dapat semakin berpacu dalam mengambil peran sentral menyiapkan SDM. Dalam rangka perluasan akses pemerataan mutu dan percepatan terwujudnya guru ptofesional pada tahum yang akan datang Kemendikbud akan menerapkan kebijakan sistem zonasi kebijakan sistem zonasi diharapkan akan mempercepat pemerataan kualitas pendidiak diseluruh tanah air.

Sistem zonasi tersebut diharapkan akan memudahkan penanganan dan pengolahan guru mulai dari distribusi peningkatan kompetensi pengembangan karir dan penyaluran bantuan dalam penyelengaraan yang dilakukan oleh guru kepala sekolah dan pengawas sekolah. “Saya berharap dalam momen yang baik ini kita tidak terkotak kotak yang ada hanya satu yakni” welcome to thousand of smiles city.”Tutupnya. (Sdy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.