Ini Hasil Perolehan Suara Pilkada Babar

0
141

RedBabel-BABAR – Dalam Rapat Pleno KPU Bangka Barat pasangan calon H. Sukirman dan Bong Ming Ming unggul rekapitulasi hasil pemungutan dan penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020, Rabu,16/12/2020.

Rapat Pleno terbuka ini dihadiri ketua KPU Pardi beserta komisioner Yulizar, Harpandi, Nely Herawati, dan Henny Afriana.

Ketua KPU Bangka Barat Pardi menyampaikan bahwa sudah menetapkan hasil perolehan suara untuk Pilkada Bangka Barat 2020 dan disaksikan bersama-sama.

“Kita merekap dari hasil rekapan di tingkat kecamatan dari seluruh kecamatan sudah kita bacakan hasilnya,” ujar Pardi

“Dalam kontestasi tersebut Paslon nomor urut 1 Markus-H. Badri memperoleh 31.013 persen suara. Sementara paslon nomor urut 2 H. Sukirman-Bong Ming Ming, memperoleh 44,977 persen suara dan paslon nomor urut 3 Safri – Eddy Arif mendulang 22.541 suara,” ungkapnya.

Pardi menjelaskan bahwa suara yang tidak sah, 2.092. jumlah pengguna hak pilih, 1.00.623, surat suara rusak 27, tingkat partisipasi pemilih diangka 74 persen dari 77 angka yang ditargetkan pihaknya.

“Alhamdulillah di masa pandemi ini kita dapat melewati angka 70 persen partisipasi pemilih. Ini sudah luar biasa bagi kita. Kami memberikan hak kepada masing – masing paslon untuk melakukan keberatan atas hasil atau selisih hasil penghitungan suara, bagi yang merasa keberatan dari hasil rekapitulasi ini dapat mengajukan gugatan ke MK,”tegasnya.

Dari hasil rekapitulasi ini KPU Bangka Barat menunggu ada tidaknya potensi gugatan ke MK. Bila ada Paslon ada gugatan nantinya MK akan menyampaikan Bukti Register Perkara Konstitusi (BRPK) kepada KPU.

“Kalau tidak ada gugatan baru lah kita akan menetapkan calon terpilih,” tutup Pardi. (*Asw-RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.