Impelmentasikan SE Menkes, PT. Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang Lakukan Penandatanganan Mou Bersama Pihak-pihak Terkait

0
105

RedBabel-PANGKALPINANG – Dalam rangka menerapkan Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor : HK.02.01/MENKES/847/2021 tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan Bagi Pengguna Transportasi Udara Yang Terintegrasi Dengan Aplikasi PeduliLindungi, PT. Angkasa Pura II (Persero) kantor cabang Bandara Depati Amir bersama Satuan Tugas Covid 19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Pangkal Pinang, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta Maskapai dan Ground Handling yang beroperasi di Bandara Depati Amir melakukan penandatanganan kesepakatan bersama sebagai dukungan terhadap Pemerintah serta Satgas COVID-19 demi kelancaran proses perjalanan orang dalam negeri di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan pada Rabu 18/08/2021 di kantor Bandara Depati Amir Bangka.

Penerapan Digitalisasi Pemeriksaan Dokumen Kesehatan Bagi Pengguna Transportasi Udara Yang Terintegrasi Dengan Aplikasi PeduliLindungi di Bandar Udara sejatinya telah dilaksanakan oleh PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Depati Amir sejak 1 Agustus 2021 bersama dengan Para Stakeholder terkait.

Kesepakatan bersama ini bertujuan agar seluruh pihak dapat mengoptimalkan peta peran dan fungsi serta prosedur masing-masing dalam mendukung implementasi Proses Digitalisasi Pemeriksaan Dokumen Kesehatan bagi Pengguna Transportasi Udara yang terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi khusus nya di Bandara Depati Amir dan Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam kesepakatan disebutkan tugas dan prosedur pihak – pihak terkait baik yang berhubungan dengan petugas, fasilitas pendukung berupa QR-Code Scanner/Reader, fasilitas layanan lainnya dan alur pelayanan pemeriksaan dokumen kesehatan secara digital yang digunakan serta sosialisasi baik melalui media cetak, elektronik dan media sosial terkait protokol kesehatan dan penerapan Aplikasi PeduliLindungi.

Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus melakukan pengawasan agar penerapan implementasi protokol kesehatan berjalan sesuai ketentuan dan siap memberikan dukungan apabila penanganan covid 19 dibutuhkan di Bandara Depati Amir.

Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mensosialisasikan, melakukan pembinaan dan pengawasan untuk memastikan seluruh laboratorium dan Fasilitas Layanan Kesehatan yang melayani pemeriksaan RDT-Ag dan atau RT PCR di wilayahnya.

Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas III Pangkalpinang (KKP) tetap melakukan proses validasi/verifikasi secara manual di pintu masuk keberangkatan jika terdapat ketidaksesuaian data dalam verifikasi dokumen kesehatan atau dibutuhkan penanganan penumpang khusus pada penerbangan terkait kesehatan.

Airlines/Maskapai akan melakukan verifikasi QR-Code dokumen kesehatan calon penumpang pada aplikasi peduli lindungi dengan alat Scan QR-Code yang telah disediakan di meja Check In Counter dan Memonitor hasil verifikasi QR-Code dokumen kesehatan calon penumpang dilayar monitor sebelum proses check in tiket dengan output boarding pass dan tetap mengacu kepada standar pelayanan penerbangan.

Dengan adanya kesepakatan bersama ini, diharapkan penerapan Digitalisasi Dokumen Kesehatan Bagi Pengguna Transportasi Udara yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi di Bandara Depati Amir semakin optimal.

Sesuai Surat Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor SR.03.04/II/2057/2021 tentang pemberitahuan SE Menkes No.847 tahun 2021, Digitalisasi Dokumen Kesehatan Bagi Pengguna Transportasi Udara yang terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi Berlaku secara efektif mulai 23 Agustus 2021.

Dalam kesempatan ini, semua pihak menghimbau kepada Masyarakat dan Pengguna Transportasi Udara agar mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan menginput hasil negatif RT PCR dan datanya dengan lengkap ke dalam aplikasi guna kelancaran proses keberangkatan di Bandar Udara. (RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.