Ikuti Test Parameter, Koni Babel Kirim Atlet ke Sport Science Laboratory UPI Bandung

0
451

RedBabel, Pangkalpinang- Olahraga prestasi adalah kegiatan olahraga yang dilakukan dan dikelola secara profesional dengan tujuan untuk memperoleh prestasi optimal pada cabang-cabang olahraga. Dalam UU Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional, Olahraga prestasi adalah olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan.

Untuk itu, sebanyak 13 (tiga belas) orang atlet Bangka Belitung dibawah program Satlak Babel Pacak, Komite Olahraga Nasional Indonesia Kepulauan Bangka Belitung (Koni Babel) hari ini, Jum’at (03/5) diberangkatkan ke Kota Bandung Jawa Barat guna mengikuti test parameter. “Hasil dari test parameter akan membantu pelatih dan atlet untuk memperbaiki model, program latihan yang berkelanjutan”, Ungkap Elfandi di Bandara Depati Amir Pangkalpinang bersama para atlet yang akan diberangkatkan.

Bang El sapaan akrab Ketua Umum Koni Babel ini juga menambahkan, “Fungsi test parameter untuk mengetahui tingkat kebugaran atau terlatih atlet masing-masing cabor (cabang olahraga.red) sehingga pelatih dapat memilih atau memilah metode dan program latihan lanjutan yang tepat, apa yang mesti di perbaiki atau diperbanyak latihannya, sehingga program pelatih dan atlet terarah, teratur dan kontinyu sesuai cabor dan usia”, Paparnya.

Test parameter ini menggunakan peralatan yang modern maka dibutuhkan tenaga ahli. “Tes parameter yang komperehensif dengan menggunakan pendekatan sport science akan digunakan pelatih untuk menjadikan patokan parameter kemampuan atlet terkini disemua aspek psikomotor yang dibutuhkan menuju prestasi terbaik dan disesuaikan dengan spesisialisasi kecabangan olahraga, jadi tes ini lebih spesifik dari tes umum yang biasa dilakukan”, Tutup Elfandi. Kesimpulan dan hasil akan dipaparkan kepada Pelatih guna mengevaluasi dan memberi masukan-masukan sehingga program latihan lebih efektif dan efisien untuk menunjang program jangka panjang menuju persiapan PON 2020.

Para Atlet yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 4 (empat) cabang olahraga yakni, Panjat Tebing (Julita, Dirgantara, Nurdiatul Jannah, Ismail Hambali, Meriana, Reka), Billiar (Juisiran Cokro, Ricky), Angkat Berat dan Binaraga (Inka, Ahmad Rivai) dan Menembak (Anggita Putra, Triya Marlina, Salwa Andini). Selama mengikuti Test Parameter para atlet akan didampingi langsung oleh Ketua Umum Koni Babel Elfandi, Kadispora Babel Suharto, serta Tim Satlak Babel Pacak. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.