Hanya 10 Menit, ASN Pemprov Babel Berhasil Kumpulkan Rp40.587.700 Untuk Palu dan Donggala

0
305

RedBabel, Pangkalpinang- Walaupun tidak harus datang langsung ke lokasi bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Kota Palu dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah, namun kepedulian antar sesama ditunjukkan secara nyata oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel. Wujud kepekaan kemanusiaan untuk Palu dan Doggala itu, diberikan dalam bentuk sumbangan uang tunai. Dan hanya dalam waktu kurang lebih 10 menit, usai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, melalui amplop sumbangan yang dibawa keliling Dinas Sosial dan BPBD Babel di lokasi Upacara, berhasil terkumpulkan sebanyak Rp40.587.700. Wakil Gubernur (Wagub) Babel Abdul Fatah yang memimpin langsung aksi penggalangan dana bagi ASN Pemprov Babel ini, mengimbau para ASN langsung dari atas podium yang berada di tengah lapangan bersama Ketua DPRD Babel dan unsur Forkopimda lainnya.

“Mari kita peduli sesama dengan menyisihkan sebagian harta kita untuk membantu masyarakat Palu, Mamuju dan Donggala. Yang saat ini terkena musibah bencana”, Imbau Wagub. dalam kesempatan sama, selain mengajak ASN Pemprov, Babel, Wagub Abdul Fatah juga mengajak ,masyarakat Babel untuk menyisihkan sebagian harta yang dimilikinya membantu masyarakat yang ada di Palu dan Donggala, utamanya tempat tidur/selimut, bahan makanan serta obat – obatan yang saat ini sangat dibutuhkan. “Kita NKRI ini, terkenal akan asas gotong royongnya. Mari, berat sama dipikul, ringan sama jinjing”, Seru Wagub.

//Wagub Serahkan Dana Bencana dan Lepas Tim Relawan Babel

Tak lama berselang usai penggalangan dana kemanudian di halaman Kantor Gubernur, Wagub Abdul Fatah melanjutkan kegiatnnya dengan menggelar Rapat Teknis Bantuan Kemanusiaan untuk Masyarakat Palu dan Donggala di Ruang Kerjanya. Usai Rapat, Wagub Abdul Fatah secara simbolis menyerahkan hasil spontanitas penggalangan dana ASN Pemprov Babel kepada Kepala BPPD Babel Mikron, sekaligus juga melepas Tim Relawan Babel yang akan diberangkatkan ke Sulawesi Tengah Senin (1/10) sore. Tenaga sukarelawan yang dikirimkan Pemprov Babel ke Palu dan Donggala terdiri dari Tim BPBD Babel dan Tagana Dinas Sosial Babel, Petugas Medis dan Paramedis serta didukung dari PT. Timah. “Kita akan memberangkatkan Tim Relawan Bangka Belitung hari ini untuk bergabung dengan sauadara kita yang lain membantu masyarakat di sana”, Kata Wagub.

Sementara itu, Kepala BPBD Babel Mikron Antariksa, menjelaskan Gempa yang terjadi di Sulawesi Tengah ini membuat 75 persen bangunan rusak. Tim yang dikirim Babel, kata Mikron, terdiri dari 5 orang Tim Reaksi Cepat BPBD Babel, 7 orang Tagana Dinas Sosial Babel, serta 3 Paramedis dan Dokter Dinas Kesehatan Babel. Di tempat sama, Kepala Dinas Kesehatan Babel, Mulyono, mengatakan, selain Paramedis dan Dokter dari Dinas Kesehatan Babel, pada pengiriman Tim ini juga akan diikut-sertakan 1 orang Tenaga Nusantara yang ditugas Kemenkes RI, yang saat ini bertugas di Puskesmas Pongok asal Sulawesi Tengah, yang menurut Kabar Rumahnya Hancur dan saudaranya hilang. Seluruh biaya pemulangan ini ditanggung oleh Pemprov Babel.

Selain itu, Mulyono juga menyebutkan, PT. Timah Tbk, Rumah Sakit Bhakti Timah, Rumah Sakit Medika Stania Sungailiat, dan IDI Kabupaten Bangka, juga akan memberangkatkan 2 orang rescuer, 10 orang volunteer, 4 orang paramedik dan 2 orang dokter dan 1 Dokter Spesialis dengan membawa peralatan medis. Kepala Dinas Sosial Babel, M. Azis, yang juga hadir pada kesempatan tersebut, mengatakan, dari spontanitas penggalangan dana ASN Pemprov Babel, yang terkumpul Rp40.587.700, segera didistribusikan. “Sumbangan akan terus dihimpun dan di koordinir Dinas Sosial bekerjasama dengan Perusahaan Jasa Pengiriman Barang JNE”, Terangnya. (*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.