Hadiri Rakornas PKK, Melati Erzaldi Siap Melaksanakan Arahan Ketua Umum

0
26

RedBabel-JAKARTA — Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (TP PKK Babel), Melati Erzaldi menyatakan siap melaksanakan arahan dari Ketua Umum TP PKK, Tri Tito Karnavian.

Kesiapan itu disampaikan Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi saat menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi dalam Rangka Mendorong Sinergitas Kebijakan Perencanaan Program Gerakan PKK Tahun 2021, yang berlangsung di Hotel Bidakara Grand Pancoran Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (10/12/21).

Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi mengatakan, melalui upaya peningkatan kapasitas segenap Pengurus Tim Penggerak PKK Kepulauan Bangka Belitung terus melakukan peningkatan fungsi kinerja gerakan PKK sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

“Meskipun gerakan PKK dimotori oleh segenap Pengurus Tim Penggerak PKK yang bersifat relawan, namun PKK Babel dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK dengan jiwa dan semangat profesionalisme, sesuai dengan peranan masing-masing,” ungkapnya.

Sesuai dengan arahan Ketua Umum Tim Penggerak PKK, Tri Tito Karnavian yang menekankan, perlu adanya Penajaman Prioritas Program Gerakan PKK, serta Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Gerakan PKK, yakni Tim Penggerak PKK di semua jenjang.

TP PKK Babel akan melakukan Penajaman Prioritas Program Gerakan PKK, yang pada dasarnya tetap berbasis pada 10 Program Pokok PKK. Adapun 10 Program Pokok PKK itu tentu harus ada keselarasan dengan Prioritas Program Pemerintah.

Dari hal itu, diperoleh empat komponen program keselarasan dengan 10 Program Pokok PKK yakni, komponen program kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan sosial. Selanjutnya, akan ditentukan Program Prioritas yang terkait dengan fungsi empat pokja dalam kelembagaan Tim Penggerak PKK, yakni berupa Program Pola Asuh dalam Keluarga, Program Peningkatan Pendapatan Ekonomi Keluarga, Program Ketahanan Pangan Keluarga, dan Program Kesehatan Dasar Keluarga.

“Pada akhirnya, dari keempat program prioritas tersebut, harus dapat kita tentukan jenis program yang berciri khas gerakan PKK, yang akan menjadi identitas Program yang dikelola dari dan oleh Tim Penggerak PKK,” harapnya.

Dari keempat jenis program atau
kegiatan yang berciri khas gerakan PKK itu,
semuanya mempunyai peran dalam upaya pencegahan stunting.

Dalam sambutannya Ketua Umum TP PKK, Tri Tito Karnavian juga menyampaikan, pentingnya Rapat Koordinasi Nasional kali ini yang menjadi pertanda adanya komitmen yang tinggi terhadap kiprah gerakan PKK.

“Forum Rapat Koordinasi Nasional ini akan mempunyai nilai manfaat yang besar bagi perkembangan dan kemajuan Gerakan PKK, yang dimotori oleh Tim Penggerak PKK dan yang difasilitasi oleh berbagai lembaga dan instansi sebagai pembina, sekaligus mitra kerja Tim Penggerak PKK,” jelasnya.

Selain arahan dari ketua umum, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan diskusi panel terkait peranan Tim Penggerak PKK dalam percepatan penurunan stunting dan etika kepemimpinan.

Hadir dalam Kegiatan ini Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro; dan Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Ditjen Bina Keuangan Daerah, Bahri.

Kegiatan Rapat Koordinasi dalam rangka Mendorong Sinergitas Kebijakan Perencanaan Program Gerakan PKK Tahun 2021 berlangsung dari tanggal 9 hingga 11 Desember 2021 ini diikuti oleh Pengurus TP PKK Pusat, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se Indonesia, baik yang hadir secara langsung maupun yang terhubung secara virtual. (*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.