Hadiri Maulid di Kemuja dan Kelapa, Gubernur Ajak Masyarakat Teladani Nabi Muhammad

0
211

RedBabel, Pulau Bangka- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan di Masjid Rahmatuddin Desa Kemuja Kecamatan Mendobarat, Kabupaten Bangka, dan di Masjid Jami Shirothulmustaqim, Kelapa, Bangka Barat.

Untuk Kegiatan Maulidan pada Selasa (20/11/2018) di Kemuja, turut dihadiri Sekda Bangka, unsur Forkopimda, Staf Khusus Gubernur, Ustadz H.M Syauqi Zanuddin, MZ, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, perwakilan peserta Perkemahan Bakti Satuan Karya Widya tingkat Nasional, mantan Bupati Bangka Tarmizi saat.

Maulid Nabi Muhammad di Desa Kemuja, dimulai pada pukul 07.00 WIB, dan diawali dengan pembacaan barjanji, ceramah agama oleh Ustadz H.M. Syauqi Zainuddin MZ, dan ditutup dengan nganggung bersama.

Usai menghadiri Maulid Nabi Muhammad di Kemuja, Gubernur juga menghadiri kegiatan serula di Masjid Jami Shirothulmustaqim, Kelapa. Di Kelapa, Peringatan Kelahiran Nabi Muhammad SAW ini, juga dihadiri Rosman Djohan orang tua Gubernur Erzaldi, Staf Khusus Gubernur, unsur Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, unsur Forkopimda Bangka Barat, tokoh agama, dan masyarakat Kelapa.

Di Kelapa, Peringatan Kelahiran Nabi Muhammad SAW diawali dengan pembacaan Kitab Suci Al-Qur’an, ceramah agama dan nganggung bersama.

Gubernur Erzaldi dalam kesempatan itu, mengajak masyarakat khususnya umat islam untuk meneladani kenidupan Nabi Muhammad SAW, termasuk dalam hal berdagang.

“Jadikan Nabi Muhammad sebagai Tauladan dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat. Termasuk teladan dalam berdagang, bagaimana Nabi berdagang dengan baik. Kalau di kita, bagaimana berdagang sahang yang baik,” ujar Gubernur.

Selain itu, Gubernur juga meminta dukungan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kemuja, untuk bisa mendukung Pekan Olahraga Pondok Pesantren Madrasah tingkat nasional tahun depan, yang akan digelar di Pondok Pesantren Al Islam Kemuja, dan bakal dihadiri 2000 peserta dari 34 Provinsi di Indonesia.

Berkenaan dengan Pekan Olahraga Pondok Pesantren ini, kata Gubernur, peserta tak perlu tinggal di hotel, tapi cukup tinggal di homestay atau rumah warga di desa setempat.

Hanya saja, untuk tempat tinggal ini, Gubernur minta masyarakat menyiapkan dengan baik kondisi kebersihannya, termasuk kamar mandinya.

“Kita minta dukungan masyarakat Kemuja untuk kegiatan ini, salah satunya adalah dalam bersikap terhadap tamu harus ramah” ajak Gubernur.

Tak hanya itu, Gubernur Erzaldi pun mengajak masyarakat untuk tidak banyak mengeluh, namun tetap semangat. “Seperti menanam sahang, bagaimana kita tetap semangat, bagaimana meningkatkan hasil perhektar sahang, caranya bibit harus bagus,” ujar Gubernur.

Pemprov, ditambahkan Gubernur, sudah menyiapkan bibit gratis. Untuk mendapatkan bibit tersebut, kata, Gubernur, syaratnya salah satunya harus belajar di balai bibit milik pemprov di pelempang bangka.

“Saya minta kita semangat terus, jangan ngeluh. Prinsip Nabi kita Muhammad SAW harus jadikan teladan,” tegasnya kembali.

 

Ustadz Syauqi MZ Sampaikan Empat Pesan Nabi Muhammad

Sementara itu, Ustadz H.M. Syauqi Zainuddin MZ dalam Peringatan Maulid Nabi di Kelapa menyampaikan empat pesan Nabi Muhammad jika ingin bahagia, Pertama, sebagai manusia harus punya hati yang luas.

Pesan Kedua, harus punya pergaulan yang luas. “Dalam masalah ini, kita tidak boleh merasa hebat sendiri. Jalinan silaturahmi harus diperkuat dan diperluas,” kata Ustadz Syauqi.

“Pesan ketiga, kita harus punya pasangan yang soleh dan solehah. Dan Pesan Nabi Muhammad yang Keempat, jika ingin bahagia, kita harus punya amaliah. Inilah nanti akan menerangi kuburan kita ketika kita mati. Mari perbanyak amaliah dengan apa pun yang kita punya,” jelas Ustadz Syauqi.

Dalam ceramahnya, Ustadz Syauqi juga mengingatkan kepada umat islam, tentang disiplin, kerapian, dan ketelitian, serta mengembalikan nilai-nilai keimanan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.