Guna Dimanfaatkan Untuk Menikmati Wisata Bawah Laut Belitung PT Angkasa Pura II Babel Berikan Bantuan Perahu Fiber Kaca

0
140
Penyerahan Secara Simbolis Bantuan Perahu Fiber Kaca Kepada Pj Gubernur Babel Kemudian Langsung Diserahkan Pj Gubernur Kepada Ketua Pokdarwis Desa Keciput di Pendopo Pantai Tanjung Kelayang

* M. Adiwiyatno : Ini Mungkin Perahu Fiber Kaca Pertama dan Menjadi Wahana Baru Bagi Wisatawan

RedBabel-BELITUNG — Perahu fiber berukuran sekitar sembilan meter itu merupakan pemberian dari Angkasa Pura II program TJSL Sustainable Tourism kerja sama antara Bandara Depati Amir Pangkalpinang dan H AS Hanandjoeddin Belitung.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Executive General Manajer Bandara Depati Amir Mohamad Adiwiyatno dan Bandara H AS Hanandjoeddin Khaerul Assidiqi kepada Pj Gubernur Babel Suganda Pandapotan Pasaribu dilanjutkan kepada Ketua Pokdarwis Desa Keciput Firmansyah di Pendopo Pantai Tanjung Kelayang pada Kamis (10/8/2023).

Acara penyerahan bantuan itu dilakukan dalam rangka merayakan HUT ke 39 tahun Angkasa Pura II yang dilakukan serentak di 18 Tempat Wisata di 18 Cabang PT Angkasa Pura II yang tersebar di Indonesia sekaligus verifikasi untuk mendapatkan Rekor Muri.

“Semua orang tahu, Belitung itu terkenal dengan keindahan pantainya. Tapi sayang sekali kalau potensi alam begitu besar itu hanya dinikmati atasnya saja, padahal alam bawah laut itu harus juga dieksplor,” kata EGM Bandara H AS Hanandjoeddin Khaerul Assidiqi.

Ia menjelaskan selama ini keindahan
bawah laut Belitung hanya bisa dieksplor bagi wisatawan dengan cara snorkling. Sehingga terbatas hanya sebagian kalangan.

Oleh sebab itu dengan perahu wisata fiber kaca diharapkan mampu merambah semua kalangan wisatawan.

Bantuan program TJSL itu juga diharapkan menjadi wisata edukasi agar lebih mencintai kelestarian lingkungan bawah laut.

“Kami harap perahu wisata fiber kaca ini tidak hanya pariwisata tapi juga ada edukasi yang berkelanjutan demi mendukung blue ekonomi,” katanya.

Sementara itu, EGM Bandara Depati Amir Mohamad Adiwiyatno menambahkan PT Angkasa Pura II yang merupakan member Injourney sebagai BUMN bergerak pada Claster Pariwisata dan Pendukung memiliki peran untuk mendorong peningkatan kebangkitan di sektor Pariwisata pasca Pandemi Covid 19 serta berkolaborasi dengan steakholder terkait dalam misi pengembangan Pariwisata di setiap Kantor Cabang Bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II yang ada di Indonesia.

PT Angkasa Pura II juga memiliki TJSL untuk mendorong terciptanya standar pelayanan dengan keramah tamahan Indonesia bagi support system di ekosistem aviasi dan Pariwisata agar dapat meningkatkan level Pariwisata Indonesia di kancah dunia.

“Sebenarnya HUT PT Angkasa Pura II jatuh pada tanggal 13 Agustus 2023. Program TJSL melalui Unit Community Development ikut menyemarakkan dengan program Sustainability Tourism suatu konsep pengembangan wisata yang dapat memberikan dampak positif pada sosial dan lingkungan serta peningkatan kesenian dan budaya yang ada di suatu daerah,” katanya.

Kemudian, TJSL menjadi lokomotif pemulihan dan pengembangan pariwisata Indonesia berbasis ekosistem melalui pendekatan holistic, inklusif dan kolaboratif yang mampu memberikan value added dan berkontribusi positif pada perekonomian nasional.

Melalui integrasi layanan penerbangan dan pariwisata serta pengembangan superplatform pariwisata. Ekspansi bisnis dan pasar kepariwisataan, antara lain melalui pengembangan ekonomi khusus serta destinasi pariwisata prioritas.

“Bantuan perahu ini mungkin pertama kalinya dan wahana baru yang ada di Pantai Tanjung Kelayang yang nantinya akan kami serahkan Ke PJ Gubernur Kep Bangka Belitung untuk digunakan oleh Pokdarwis Gerude Belitong Care Desa Keciput Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut PJ Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Anggota DPRD Prov Kep Bangka Belitung, Staff Ahli II Kabupaten Belitung, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Pokdarwis Gerude Belitong Care Desa Keciput dan Ketua IPSM beserta Pengurus seprovinsi Kepulauan Bangka Belitung.(*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.