Gubernur Umumkan Pemenang Apresiasi Desa Wisata dan Pokdarwis Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

0
102

RedBabel, Pangkalpinang- Usai membuka Kegiatan The Passion of The Archipelago hari ini Senin, (25/11) di Hotel Soll Marina, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sekretariat Daerah Prov.Babel, Yanuar serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Rivai, mengumumkan sekaligus menyerahkan plakat dan uang pembinaan (secara simbolis) bagi para pemenang Apresiasi Desa Wisata dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Yanuar mengatakan bahwa pemerintah terus berkomitmen mendukung pembangunan dan pengembangan pariwisata berkelanjutan di Bangka Belitung melalui pemberdayaan masyarakat.

“ Keberadaan Desa Wisata dan Pokdarwis merupakan bukti nyata peran aktif masyarakat untuk memajukan pariwisata di Bangka Belitung.  Desa Wisata lahir karena peran aktif Pokdarwis dalam mengolah dan mengelola potensi yang ada di desanya” kata Yanuar.

Hal yang sama dikemukakan oleh Rivai, apresiasi yang diberikan pada hari ini kiranya dapat memacu semangat bagi Desa Wisata dan Pokdarwis di Bangka Belitung untuk dapat meningkatkan kreatifitasnya untuk menciptakan daya tarik wisata  di wilayahnya.

“ Pokdarwis diharapkan mampu melihat peluang dan tren pariwisata saat ini. Gali dan kembangkan keunikan potensi desa seperti sumber daya alam, budaya dan kearifan lokalnya. Kita (Pemerintah) berharap keberhasilan Desa Wisata dan Pokdarwis meraih juara pada hari ini mampu memacu semangat anggotanya untuk menggali potensi di desanya untuk menjadi objek wisata unggulan” ujar Rivai.

Rivai menuturkan bahwa Apresiasi Desa Wisata dan Pokdarwis sudah melalui tahap penilaian sejak Oktober 2019.

“ Penilaian pemenang Desa Wisata dan Pokdarwis sudah dilakukan sejak Oktober 2019 melalui Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Destinasi Pariwisata. Kita ( Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Babel) melakukan penilaian bersama dengan Tim Penilai dari unsur Akademisi, Pemerintah dan Pelaku Pariwisata” jelas Rivai.

Adapun pemenang Desa Wisata adalah sebagai berikut :
– Juara I.       : Desa Wisata Lalang Belitung Timur.
– Juara II.      : Desa Wisata Pulau Seliu Belitung
– Juara III.     : Desa Wisata Pelangas Kab.Bangka Barat.
– Harapan I : Desa Wisata Tukak Kab.Bangka Selatan.
Sedangkan untuk Pemenang Pokdarwis adalah sebagai berikut:
-Juara I        : Pokdarwis Gerhana Desa Terentang Kab.Bangka Tengah
Juara II.       :  Pokdarwis Takari Kab.Bangka
Juara III.      : Pokdarwis Nyiur Lalang Kab.Belitung Timur
– Harapan I. : Pokdarwis Berkarya Desa Terong Kab.Belitung
– Harapan II. : Pokdarwis Akar Petaling Pulau Selat Nasik Kab.Belitung.
Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada Desa Wisata dan Pokdarwis dihadiri oleh unsur pemerintah/ OPD Provinsi dan Kabupaten/Kota,Stakeholder Bidang Kebudayaan, Tim Ahli Cagar Budaya, Akademisi dan Tokoh Lembaga Adat.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.