Gubernur Tinjau Pembangunan Gedung Poli dan ICU RSUD. DR (HC) Ir. Soekarno

0
427
Gubernur Erzaldi Beberapa Waktu lalu Meninjau RSUP Soekarno

RedBabel, Bangka Induk- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, memberikan perhatian serius dibidang kesehatan. Untuk itu, pada Senin (14/1/2019), Gubernur menyempatkan diri mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DR. (HC) Ir. Soekarno, yang merupakan RS Provinsi Babel, di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Di RSUD ini, Gubernur disamping meninjau Ruang Perawatan kelas 3 yang baru, juga melihat pelaksanaan Pembangunan Gedung D.

Usai peninjauan, Gubernur mengatakan, dalam kunjungan ke RSUD Soekarno ini, dirinya ingin melihat hasil kegiatan satker pembangunan Gedung D yang akan dijadikan sebagai ruang pelayanan poli dan icu.

Saat ini, RSUD Soekarno memiliki 3 unit ICU, dan dengan adanya pembangunan ini akan menjadi 9 icu dan nicu.

Kemudian tahun ini, lanjut Gubernur, Rumah Sakit ini juga akan mulai mempersiapkan pengerjaan dan penyelesaian Gedung C yang selama ini mangkrak selama 8 tahun. Direncanakan Gedung C akan digunakan untuk UGD Jantung dan Stroke.

Gubernur menambahkan, tahun depan juga akan dilakukan pelayanan penanganan penyakit kanker, bekerjasama dengan RS Muhammad Husein Palembang. Kerjasama ini dilakukan untuk pelayanan operasi dan perawatan pasca operasi. Maksudnya Operasi dilakukan di Palembang dan terapi serta perawatannya bisa di Rumah Sakit ini.

Rumah Sakit ini, juga telah mengirimkan dokternya untuk belajar menyelesaikan pendidikan spesialis radioterapi, yang akan selesai pada tahun depan, dan juga bersamaan dengan pengadaan alat radioterapi. Sehingga, RS ini tahun depan siap melayani pelayanan Radioterapi, walaupun kerjasama masih dilakukan untuk pemenuhan SDM.

Rencananya, RSUD Soekarno itu, dikhususkan sebagai Rumah Sakit Jantung, Saraf dan Kanker, dengan harapan melalui pelayanan itu, pasien dari luar daerah pun dapat berobat ke sini.

Dalam pengembangan selanjutnya Yayasan Pendidikan Pangkalpinang akan menyerahkan aset Akper Pangkalpinang ke RSUD. Soekarno bersama dengan Universitas Bangka Belitung akan menjadi cikal bakal Fakultas Ilmu Kesehatan UBB yang juga akan mendidik calon dokter.

Gubernur Erzaldi berharap, rencana – rencana tersebut bisa terealisasi serta juga membutuhkan dukungan masyarakat.

Sementara menurut keterangan direktur RSUD Soekarno, dr. Armayani, yang juga dokter spesialis bedah di RSUD Soekarno, ketika menemani Gubernur Babel dalam kunjungan itu, mengatakan, saat ini, RSUD Soekarno Provinsi Babel memiliki 150 ruang perawatan dari target 500.

“Tahun ini, juga akan dibangun 3 kamar operasi bertaraf internasional. Dengan kamar operasi itu, dan melalui kerjasama dengan RS Ciptomangun Kusumo Jakarta, kami berharap pasien yang ada di luar daerah khususnya operasi dapat berobat ke Babel,” ungkapnya. (*Ab/).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.