Gubernur Erzaldi Tinjau Padi Sawah di Eks Tambang Matras

0
277

RedBabel, Bangka Induk- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman,  didampingi Danlanal Babel, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Pertambangan,  Kepala Dinas PUPR , dan Kepala Bappeda Babel, meninjau padi sawah yang ditanam di lahan eks tambang timah kawasan Matras, Sungailiat, Kabupaten Bangka. Kehadiran orang nomor satu di negeri serumpun sebalai di sawah eks tambang timah, pada Jumat (7/09) ini, disambut para petani setempat. Kehadiran Gubernur Erzaldi yang memang telah ditunggu oleh para Petani Padi Sawah ini, langsung dimanfaatkan oleh Petani untuk menyampaikan harapannya.

Diwakili Nunung, Petani setempat mengharapkan kepada Gubernur, agar petani yang menanam padi di lahan ini, bisa dibantu mesin penggilingan padi mini. “Selama ini, kami kalau sudah panen, ketika akan menjadikannya beras, harus membawanya ke Belinyu. Selain jarak yang jauh, juga memerlukan biaya lebih”, Ucapnya dihadapan Gubernur. Nunung menyebutkan, saat ini, luas lahan Padi Sawah dibawah dukungan koramil setempat dan PPL di eks lahan tambang ini mencapai lebih kurang 4 hektar, dan dengan masa panen sebanyak dua kali dalam setahun.

“Sawah ini sudah jalan tiga tahun hingga sekarang. Bahkan dari IPB, UGM dan seorang Profesor dari Austria juga sudah datang ke sini melihat padi sawah di eks tambang ini”, Tutur Nunung. Menanggapi hal itu, Gubernur menyatakan siap memberikan bantuan mesin giling padi mini melalui dinas pertanian, seperti yang diminta para petani.

Menurut Gubernur, pengembangan padi sawah di lahan eks tambang timah ini, sangat luar biasa. Apalagi hasil padi sawah ini, di atas hasil rata-rata padi daerah Babel yaitu 4,2 ton perhektar. Artinya, kata Gubernur, penanganannya patut di kembangkan. “Agar tidak keliru, saya minta dinas pertanian untuk menghitung betul pola sapi disandingkan dengan pola pengembangan sawah di eks tambang”, Kata Gubernur Erzaldi.

Mengenai pengembangannya apakah akan diperluas lahannya, menurut Gubernur, akan dilihat dulu, serius atau tidak. “Sawah ini sudah jalan tiga tahun, tentu ini layak untuk dilanjutkan. Apalagi dari IPB, UGM dan seorang Profesor dari Austria  sudah datang ke sini melihat padi sawah ini”, Ungkap Gubernur. Usai berdialog dengan petani, Gubernur melihat beberapa Sapi yang dipelihara petani persis disamping lahan Sawah, kemudian dilanjutkan dengan meninjau dan panen Padi Sawah eks tambang.

Setelah meninjau Padi Sawah di lahan eks tambang timah, Gubernur Erzaldi bersama rombongan juga meninjau Pelabuhan Kapal Ikan Nelayan di Pantai Matras Sungailiat, Bangka. Di tempat ini, Gubernur berdialog dengan para Nelayan yang memang sudah menunggu kehadirannya. Dihadapan para nelayan, Gubernur menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel bersama Pemerintah Kabupaten Bangka akan menata Pelabuhan Kapal dan Pendaratan Ikan Nelayan Pantai Matras ini.

Oleh karenanya, Gubernur memgajak para nelayan untuk bisa bekerjasama membantu rencana tersebut. “Bagaimana tempat ini selain menjadi Pelabuhan Kapal dan Pendaratan Ikan, juga bisa menjadi objek wisata yang nyaman dikunjungi wisatawan”, Ujar Gubernur Erzaldi. Karena ini lokasi wisata, kedepan, Gubernur meminta kepada Nelayan Pantai  Matras, supaya dalam melaksanakan aktivitas mengenakan pakaian yang sopan. (*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.