Gubernur Erzaldi Sholat Tarawih di Mesjid Muhajirin Kota Pangkal Pinang

0
369

RedBabel, PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama Wakil Gubernur Abdul Fatah, mengawali Sholat Tarawih di Safari Ramadhan Perdana Tahun 1440 H, Selasa (7/5/2019) di Masjid Muhajirin Kota Pangkalpinang.

Turut serta dalam sholat tarawih di malam ketiga Puasa Ramadhan tersebut, Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemprov Babel, Jajaran Pengurus PW Muhammadiyah Babel, Ketua Dewan Masjid Indonesia Babel, Syekh Elsayed Saad Mahmoud Abdelsalam dari Mesir,Pengelola Panti dan Anak Yatim, serta warga sekitar Masjid Muhajirin Pangkalpinang.

Gubernur Erzaldi dalam sambutan sekaligus tausiyahnya mengajak masyarakat, agar mulai melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

“Kalau kita mau berubah, mau maju, Puasa Ramadhan ini,  menjadi momen yang bagus untuk melefleksikan diri kita dan melakukan aksi untuk berubah. Misalnya, kalau tahun lalu kita hanya bisa menuntaskan 10 juz baca Qur’an, maka Puasa Ramadhan ini harus lebih dari itu. Perubahan yang kita lakukan tergantung diri kita. Kalau ingin mendapatkan pahala yang besar, lakukan perubahan-perubahan mulai sekarang, di Puasa Ramadhan ini,” Kata Gubernur.

Menurut Gubernur, kalau ada orang minta sedekah, maka berilah, jangan pelit. Kemudian,  di bulan suci ini juga, jangan lakukan hal-hal yang berlebihan.

Ibu-ibu, kata Gubernur harus bisa menahan nafsu konsumtifnya. Misalnya untuk buka puasa, belilah kue atau makanan yang sederhana sesuai dengan kebutuhan saja, tidak belebihan hingga 10 macam kue, belum lagi lauk makannya itu dan ini. Padahal itu hanya untuk keluarganya yang punya anak tiga.

“Jangan sampai kita kebablasan tidak bisa menahan hawa nafsu, menyalahkan pemerintah, harga tinggi. Padahal harga barang tinggi itu salah satu penyebabkanya masyarakat yang selalu ingin beli, maka harus bisa menahan hawa nafsu itu,” Tegas Gubernur Erzaldi.

Bahkan, diungkapkan Erzaldi, sebelum ramadhan Ia selaku Gubernur sudah melakukan rapat, intinya ada target, kalau bisa bulan ramadhan ini, inflasi di Babel tidak tinggi seperti tahun sebelumnya.

“Inflasi tinggi itu terjadi karena kita tidak tahan nafsu. Ibu-ibu tidak bisa menahan nafsu. Budaya yang harus kita jaga, ibu-ibu jangan konsumtif sekali. Tahan hawa nafsu,” Ungkap Gubernur

Lebih lanjut Gubernur mencontohkan, di Babel hasil sumber daya alam cukup melimpah, seperti timah, lada, sawit, tapi masih banyak masyarakat kurang beruntung ini. Disisi lain, negara Singapura dan Negara lainnya, tanpa ada sumber daya alam, tapi mereka kaya raya.

“Apa yang membuat hal ini terjadi? Salah satunya adalah karakter, kebiasaan-kebiasaan masyarakat kita. Sekarang masalahnya bagaimana kita membuat perbedaan ini, apa yang harus kita lakukan. Kita harus merefleksi diri kita, bahwa ramadhan tahun ini, harus lebih baik dari ramadhan tahun lalu. Kalau bisa anggaplah ramadhan ini adalah ramadhan terakhir bagi kita, sehingga kita dapat melaksanakan dan menjalani puasa ramadhan ini dengan tulus,” Jelas Erzaldi.

Kalau mau berubah, ditambahkan Erzaldi, maka berubahlah dari diri sendiri dulu, selanjutnya Keluarga, tetangga dan masyarakat, dan seterusnya.

 

Serahkan Santunan Kepada Anak Yatim

Selain Isya’ dan Tarawih berjamaah, Gubernur Erzaldi bersama Ketua TP PKK Babel Melati Erzaldi di tempat sama juga menyerahkan santunan berupa sejumlah uang kepada para anak yatim dan yaitim piatu dari dua Panti Asuhan yang ada di Pangkalpinang.

Santunan tersebut merupakan hasil dari zakat yang dihimpun Badan Amil Zakat Provinsi Babel, satu diantaranya zakat profesi ASN Pemprov Babel.

Ikut mendampingi dalam penyerahan santuan itu, Wakil Gubernur Abdul Fatah, Ketua Baznas Babel Sopian.

Disamping itu, dalam kesempatan sama, Wagub Abdul Fatah menyerahkan bantuan berupa toa dan perlengkapan lainnya kepada Pengurus Masjid Muhajirin.

Tak sebatas itu, Gubernur Erzaldi juga memberikan bantuan dana terhadap pelaksanaan pembangunan Masjid Muhajirin Pangkalpinang tersebut.

Bustami Rachman selaku Panitia Pembangunan Masjid Muhajirin Pangkalpinang menyampaikan terima kasih Kepada Gubernur Erzaldi yang sudah bersedia membantu biaya pembangunan Masjid Muhajirin Pangkalpinang ini. (*AB/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.