Gubernur Erzaldi Pimpin Rapim di Awal Tahun 2020

0
96

RedBabel, Pangkalpinang- Dalam rangka melihat capaian realisasi fisik maupun keuangan di triwulan ke-IV tahun 2019, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) kembali menggelar rapat evaluasi secara menyeluruh dalam Rapat Pimpinan (Rapim) di awal tahun 2020 ini.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, didampingi Wakil Gubernur, Abdul Fatah, Pj. Sekda Babel, Yulizar Adnan, dan Kepala Kantor Perwakilan BPK RI Bangka Belitung, Widhi Widayat, mempimpin jalannya Rapim Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur, Rabu (29/1/2020).

Rapim dengan agenda membahas Realisasi APBD Triwulan ke-IV tahun 2019 dan Rencana Penetapan Target Keuangan APBD Provinsi tahun 2020 diikuti oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah beserta jajaran di Lingkup Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel).

Saat memimpin jalannya Rapim, Gubernur Erzaldi Rosman mengingatkan agar pelaksanaan audit yang dilaksanakan oleh Inspektorat Pemprov Babel maupun Perwakilan BPK RI Babel berlangsung lancar dan tepat waktu. Hendaknya dapat mengantisipasi keterlambatan dengan baik dan pada triwulan pertama ini seluruh laporan sudah selesai pada pertengahan bulan Maret 2020, sehingga Pemprov Babel dapat memberikan contoh kepada daerah lain. Selain itu, beliau berharap agar dapat terus melakukan pembenahan terhadap temuan dalam proses audit sehingga dapat terus menjadi lebih baik.

“Kita menyadari pasti ada kekurangan di tahun lalu, tetapi kalau sudah dari awal kita antisipasi, pasti tidak akan terjadi. Jangan sampai kesalahan yang sama terjadi ditahun ini,” tegasnya.

Oleh sebab itu, Gubernur Erzaldi Rosman berpesan agar setiap perangkat daerah mempersiapkan diri dan timnya dari sekarang dan meminta kepala perangkat daerah untuk bertanggung jawab dalam menyelesaikan laporan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan Program Pelaksanaan Gerakan OK OCE yang merupakan Program Kewirausahaan terpadu bekerja sama dengan pihak OK OCE. Beliau berharap program yang mengupayakan peningkatan perkembangan UMKM Babel ini dapat ikut serta dan masuk ke dalam program serta kegiatan masing-masing Perangkat Daerah di Lingkup Pemprov Babel.

“Program kewirausahaan untuk peningkatan UMKM ini tidak hanya menjadi tanggung jawab dinas UMKM dan disperindag saja, tetapi harus digerakkan oleh seluruh perangkat daerah. Semua harus mendukung program ini, agar UMKM kita dapat berkembang dan maju,” ungkapnya.

Gubernur Erzaldi Rosman mengajak untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui suatu usaha masyarakat yang lebih komprehensif dengan melakukan pendampingan manajemen sehingga pelaku UMKM dapat menjadi pengusaha kecil menengah yang maju. Oleh sebab itu, Pemprov Babel dalam usahanya bekerja sama dengan pihak OK OCE yang akan memberikan pendampingan, bimbingan, dan pembinaan kepada pelaku UMKM.

Beliau juga menyinggung upaya Pemprov Babel untuk mendorong pelaku UMKM dengan memanfaatkan dan meningkatkan KUR yang selama ini belum optimal di Babel.

Rapim juga menghadirkan Kepala BPK Perwakilan Babel, Widhi Widayat. Dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan materi mengenai Pemeriksaan Interim Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 pada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Widhi Widayat menjelaskan, kehadirannya dalam Rapim ini bertujuan untuk menyamakan frekuensi atau persepsi antara pihaknya dengan Pemprov Babel terkait tugas dan fungsi BPK untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara terhadap pemerintah pusat, daerah, maupun instansi pengelolaan keuangan negara lainnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.