Gubernur Erzaldi Mendapatkan Topi Ikan Buntal Dari Nelayan Air Nyatoh

0
152

RedBabel-BABAR – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menemui masyarakat Pantai Air Nyatoh, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, Senin 7/12/20.

Selain bersilaturahmi kehadiran orang nomor satu di Babel ke Simpang Teritip juga untuk berdiskusi sebagai langkah dan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, yang ada di wilayah ini dengan memanfaatkan teknologi pengolahan perikanan.

Dalam forum diskusi dengan pihak Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) para nelayan diajak untuk mendaftarkan alat dan prasarana yang dibutuhkan guna mendukung peningkatan produksi dari hasil laut.

BACA JUGA : Serahkan Bantuan Mesin, Ini Harapan Melati Erzaldi

Dengan adanya alat-alat yang diciptakan oleh Polman Babel itu diharapkan hasil produksi para nelayan dan UMKM yang selama ini diproduksi secara manual akan semakin meningkat dan memberikan nilai ekonomis yang ada.

Dari forum diskusi itu ada beberapa alat yang dibutuhkan nelayan yaitu, pembuat bubung nelayan dari bambu dan sejenis kawat anti korosi, alat pembuat pelet, alat pembuat garam laut, alat pengering ikan teri, penggiling ikan, dan alat pembuat kemasan.

Oleh Polman, hasil diskusi ini akan dijadikan bahan penelitian yang selanjutnya akan dibuat prototipe masing-masing alat sebelum diproduksi dan diserahkan ke masyarakat.

“Kehadiran kami bersama dengan pihak Dinas Kelautan Dan Perikanan Babel, Polman Babel dan BRI adalah untuk menaikkan derajat para Nelayan. Oleh sebab itu mari kita bersama-sama. Dengan kebersamaan apa yang ditawarkan ini pasti akan berhasil” tegas Gubernur

Pada kesempatan ini, Gubernur Erzaldi juga menyerahkan bantuan berupa 1 unit chest freezer kepada Usaha Pengolahan Ikan (UPI) Pempek Udang Yuk Yen Desa Belo Laut dan 1 paket rehabilitasi unit pengolahan ikan/rumah produksi yang merupakan kegiatan pengembangan sarana dan prasarana usaha pengolahan hasil perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2020.

Hal ini dilaksanakan menindaklanjuti penandatanganan kesepakatan bersama untuk mendukung dan memfasilitasi peralatan dan pembiayaan Industri Kecil Menengah (IKM), yang dilakukan Pemprov. Babel dengan Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) November lalu.

Saat menghadiri Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada Para Nelayan dan Pemanfaatan Teknologi Pengolahan Perikanan serta, melakukan Penyerahan Bantuan kepada Kelompok Usaha Masyarakat di ini, Gubernur Erzaldi mendapat buah tangan berupa topi yang dibuat dari kulit ikan buntal dari Roaidi (55 tahun) yang merupakan Ketua Kelompok Nelayan dari Desa Rambat. Topi yang terbuat dari Kulit Ikan Buntal ini merupakan buatan tangan dari salah satu pengrajin di Desa Air Nyatoh.

Hadir juga dalam kegiatan ini Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Babel, Dasminto; Direktur Polman Babel, I Made Andik Setiawan; Kepala Unit BRI Simpang Teritip, Agung Purnama; Kades Air Nyatoh; tokoh masyarakat; para nelayan; dan Kelompok Nelayan serta pelaku UMKM di Desa Air Nyatoh.(*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.