Gubernur Erzaldi Kunjungan Kerja ke Desa Malik Bangka Selatan

0
442

RedBabel, Bangka Selatan- Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman, SE., MM melakukan kunjungan kerja ke Desa Malik Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan pada hari Kamis (6/09). Dalam kunjungan tersebut Gubernur melakukan serangkaian kegiatan berupa silaturrahmi dengan masyarakat di Masjid Al Falah, pembukaan kejuaraan sepakbola Bangka Selatan Cup di lapangan bola Airr Akik Tenor Darah Putih, dan ditutup dengan peletakan batu pertama Berkah Mart.

Dalam silaturahmi dengan masyarakat Desa Malik Gubernur menyampaikan ajakan untuk mendukung serta melaksanakan program resi gudang dan program pemerintah untuk mengembalikan kejayaan lada Bangka Belitung. Program tersebut bertujuan untuk memberdayakan petani lada di Bangka Belitung. Sistem pengelolaan lada dengan resi gudang ini bertujuan supaya petani bisa menjual lada dengan harga yang memadai. Dengan penitipan resi gudang lada, petani menerima pembayaran langsung sebesar 75 persen dari nominal harga jual lada yang dititipkan. Sisanya akan diterima oleh petani disaat lada itu dijual.

Gubernur juga mengajak para petani lada untuk mengembangkan sistem budidaya lada yang baik dan benar. Untuk itu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memberikan bantuan pengembangan budidaya lada petani, seperti bibit dan junjung. Usai silaturahmi, Gubernur beserta rombongan menuju Lapangan Bola Akik Tenor Darah Putih untuk membuka kejuaraan Sepakbola Bangka Selatan Cup 2018. Di tempat ini Gubernur menyerahkan plakat kepada tim yang saat itu melakukan pertandingan perdana. Secara simbolis Gubernur menyerahkan bola kepada wasit yang memimpin pertandingan menandai dibukanya kejuaraan. Gubernur Erzaldi berharap kejuaraan ini agar berjalan dengan sportif dan menjaga ketertiban selama kejuaraan berlangsung.

Sementara dalam peletakan batu pertama Berkah Mart Gubernur mengatakan Berkah Mart Desa Malik ini merupakan Desa Mart yang ke delapan di Bangka Belitung. Gubernur menargetkan Bangka Belitung memiliki 68 unit Berkah Mart saat ulang tahun provinsi yang ke-19. Di saat itu juga distriburtor Berkah Mart menggunakan sistem single distributor melalui BUMD setempat. “Mudah-mudahan bisa memberikan pelayanan penjualan kepada masyarakat dengan harga lebih murah”, Harap Gubernur Erzaldi. Gubernur meyakini langkah tersebut akan memotong mata rantai distribusi yang panjang. Gubernur juga menyampaikan bahwa Berkah Mart turut membantu memasarkan produk lokal dari masyarakat.

Untuk menyukseskan Berkah Mart ini, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelontorkan dana bantuan sebesar 100 juta per BUMDes yang pencairannya akan dilaksanakan mulai bulan Oktober 2018. Pembangunan Berkah Mart Desa Malik ini merupakan unit usaha milik BUMDes dengan total pembangunan Rp.131.356.000. Ikut mendampingi kunjungan kerja Gubernur adalah Kepala Dinas Kepemudaan Dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Camat Payung Zainuddin dan Kades Malik Wendi, Pimpinan Cabang Pembantu Bank Sumsel Babel Payung. (*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.