Gubernur Erzaldi Instruksikan Pemuka Agama Babel Menyampaikan Data Umat Terdampak Covid-19

0
100

RedBabel-Pangkalpinang – Gubernur Kepuluauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan bahwa bantuan ekonomi kepada masyarakat terdampak Covid -19 akan segera disalurkan. Untuk itu Gubernur Erzaldi Rosman minta pemuka agama untuk melaporkan data umat yang layak untuk menerima bantuan dari pemerintah.

“Saya harap data penduduk segera dapat dilaporkan. Bantuan ini bukan hanya untuk satu golongan saja. Semua masyarakat terdampak dapat bantuan. Supaya bisa terdata semua, kami minta masing- masing Perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama yang hadir di sini dapat mendata umatnya di tujuh kabupaten/kota yang layak untuk mendapat bantuan,” Ungkapnya.

Ada empat skema sumber data masyarakat yang akan menerima bantuan. “Skema pertama, data masyarakat tersebut berasal dari data Program Keluarga Harapan (PKH). Kedua adalah masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT). Ketiga adalah masyarakat yang tidak termasuk dalam pendataan PKH dan BLT, ini masuk dalam kategori masyarakat miskin baru. Dan terakhir adalah masyarakat yang lolos dari pendataan di atas dan memang layak untuk menerima bantuan ekonomi akibat Covid-19,” Jelas Gubernur Erzaldi Rosman.

Pemprov juga akan menambah nominal bantuan yang akan diterima masyarakat. “Bantuan PKH dengan sebesar Rp.512.000,00 serta BLT sebesar Rp.600.000,00 akan ditambah menjadi Rp.1.000.000,00,” Ucapnya.

Dalam penjelasannya, teknis dana tersebut akan ditransfer langsung ke rekening penerima bantuan. “Nantinya dana tersebut hanya dapat digunakan untuk membeli sembako di e-warung ataupun Berkah Mart,” Ungkap Gubernur Erzaldi Rosman.

Pada kesempatan ini, Gubernur Erzaldi juga mengingatkan kepada tokoh agama agar bisa menenangkan masyarakat dalam menghadapi situasi saat ini.

“Saya yakin, tokoh agama bisa memberikan ketenangan kepada masyarakat. Terlebih dapat memberikan pengertian kepada masyarakat agar di Babel paham mengenai protokol kesehatan dalam menangani dan jangan sampai ada penolakan terhadap jenazah penderita Covid-19,” Pungkasnya.

Tidak lupa Gubernur Erzaldi Rosman meminta masyarakat untuk selalu menggunakan masker apabila berada di luar ruangan. (*Ab-Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.