Gubernur Erzaldi Dorong Pelaku Usaha UMKM dan Koperasi Babel Agar Lebih Kreatif dan Miliki Sikap Wirausahawan

0
196

RedBabel, Pangkalpinang- Sebanyak 120 peserta pelaku usaha UMKM dan Koperasi Kabupaten dan Kota se Babel, diberikan pelatihan koperasi dan UMKM Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik dan APBD Provinsi Babel tahun anggaran 2019. Kegiatan ini dilakukan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Koperasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pelatihan tersebut, dibuka langsung oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, Senin (18/2/2019) di Gedung Aula Nata Praja BKPSDM Babel, dan dihadiri Kepala BKPSDM dan Perwakilan OPD di lingkungan Pemprov Babel.

Gubernur Erzaldi dalam arahanya kepada para peserta pelatihan mengatakan, pelatihan ini dilakukan untuk menciptakan pelaku usaha UMKM dan Koperasi di Babel, agar lebih kreatif.

“Pelatihan UMKM dan Koperasi ini, kita dorong untuk lebih banyak, agar SDM lebih kreatif,” kata Gubernur.

Gubernur mencontohkan, Bandung Provinsi Jawa Barat dan Yogyakarta yang sudah memiliki SDM kreatif. Hal itu, dibuktikan dengan UMKM dan Koperasi yang sudah maju dan berkembang.

“Kita lihat daerah yang orang-orangnya kreatif seperti Bandung dan Yogyakarta. UMKM dan Koperasinya maju,” tuturnya.

Selain itu, Gubernur juga meminta penampilan para pelaku usaha UMKM dan Koperasi harus lebih rapi dan ramah.

“Sekarang, saya lihat penampilan kalian belum nampak sebagai pelaku usaha UMKM dan Koperasi. Bukan tampilan harus berdandan cantik, tetapi tampilan kelihatan OK dan ramah. Misalnya, baju harus rapi. Seharusnya tampilannya sudah bagus,” ungkap Gubernur.

Selain ramah dan rapi, Gubernur juga menginginkan para peserta pelatihan untuk memiliki sikap Wirausahawan.

“Saya menitip pesan bahwa pelatihan ini, harus memiliki sikap wirausahawan. Sikap wirausahawan ini, harus dimodali dulu dengan tampilan, tampilan hal yang paling murah,” katanya.

Sebelumnya, di tempat sama, Christina Agustina Asisten Deputi Peneitian dan Pengkajian KUMKM Bidang Pengembangan SDM Kemenkop UKM menjelaskan, fokus pemerintah pusat bersama daerah adalah melakukan pengembangan SDM melalui pelatihan-pelatihan berbasis kopetensi, wirausaha, koperasi dan manajerial.

“Alokasi dana DAK provinsi dimanfaatkan untuk pelatihan. Pesertanya dari provinsi itu sendiri,” jelasnya.

Menurutnya, SDM yang berada di Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Babel sudah sangat bagus dalam melakukan koordinsi ke pemerintah pusat, buktinya dana DAK dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

“Komunikasi dan koordinasinya sangat baik. SDM Babel di dinasnya sangat bagus,” pungkasnya.

Usai memberikan arahan, Gubernur Erzaldi melakukan pengalungan kartu tanda peserta kepada dua pelaku usaha pelatihan, sebagai tanda pelatihan Koperasi dan UMKM DAK Non Fisik dan APBD Provinsi Babel tahun anggaran 2019 resmi dibuka.
(*ab/).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.