Gubernur Erzaldi Ajak Gunakan Medsos yang Baik dan Benar

0
254
Foto bersama Gubernur Erzaldi di Mesjid Al Muttaqim

RedBabel, Bangka Induk- Safari Juma’t kembali dilakukan Gubernur provinsi kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan. Kali ini tempat yang menjadi pilihan beliau adalah masjid Al Muttaqim desa Kapuk kecamatan Bakam, pada hari Juma’t (1/2/2019).

Safari juma’t kali ini, diikuti oleh Kepala Biro Kesra Setda Babel dan jajarannya, dan juga diikuti Ketua Dewan Masjid Babel serta masyarakat desa setempat.

Dalam sambutanya, Gubernur meminta kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam ber-sosial media. “Hati – hati  dalam menggunakan media sosial (Medsos) yang ada di smartphone, karena itu bisa menjadi racun apabila tidak dapat menggunakannya”. Ucap Gubernur. Selain itu, Erzaldi meminta kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati apabila menerima informasi dari orang lain, yang belum jelas kebenaranya.

“Kita harus bisa membentengi diri dalam penyebaran hoaks, dengan cara melakukan analisa terhadap berita yang disebarkan orang lain. Apabila kita menerima berita bohong, cukup kita saja yang tau dan tidak menyebarkannya kepada orang lain,” saran Gubernur.

Apabila menerima informasi dari orang lain yang disebarkan melalui smartphone atau media sosial, ditambahkan Gubernur, maka harus mampu menganalisa informasi yang dibagikan, agar berita bohong yang dibagikan tidak menyebar ke orang lain lagi.

Bapak Gubernur juga mengingatkan masyarakat untuk mengetahui dengan jelas siapa yang menyebarkan informasi. Apabila dia adalah seorang pemuka agama, atau tokoh pendidik ataupun pimpinan yang dapat dipercaya dan berkata benar, maka hal itu baik untuk disebarkan, namun apabila tidak tau atau tidak jelas sumbernya, maka jangan disebarkan. Tegasnya.

“Informasi dari Ustadz bukan, guru bukan, membaca sebentar, kemudian langsung membagikannya ke orang lain, sehingga berita yang disampaikan itu memberikan dampak dosa bagi kita yang menyebarkan dan tentu saja dapat merugikan orang lain,” ungkap Gubernur.

Untuk itu, demi terjaganya keamanan dan ketentraman di lingkungan masyarakat, Gubernur mengajak masyarakat luas untuk menggunakan media sosial dengan bijak. “Bijaklah menggunakan media sosial dengan baik dan benar,” himbau Gubernur Erzaldi.

Pada akhir sambutannya, Erzaldi mengatakan, ke depan smartphone juga akan digunakan dalam menyampaikan informasi terkait dengan pertanian, dimana petani akan mendapatkan informasi tentang harga, penyakit tanaman, dan hal lainnya. (*ab/)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.