Gubernur Babel Hadiri Video Conference Kesiapan Pemilu Damai 2019

0
315

RedBabel, Pangkalpinang- Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman, menghadiri konferensi video (video conference) dengan seluruh Gubernur, Kapolda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu di seluruh Indonesia. Pada kesempatan itu Kapolri Tito Karnavian, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dan Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Kepala Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilihan Umum (DKPP) membahas tentang Kesiapan Pengamanan Tahapan Pileg dan Pilpres 2019 di Mapolda Babel. Komunikasi tersebut digelar di Ruang Pusat Data dan Analisis Mabes Polri, Jakarta, Senin (24/09). Konferensi video itu dilaksanakan dalam rangka kesiapan pengamanan Tahapan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Melalui kegiatan ini ada suatu kesinambungan dengan pelaksanaan antara daerah dan pemerintah pusat dalam menyiapkan pelaksanaan pemilu legislatif dan pilpres 2019.

Dalam menghadapi pelaksanaan pileg dan pilpres 2019 dibutuhkan seluruh elemen masyarakat memiliki andil dalam menjaga keamanan dan ketertiban sehingga pelaksanaannya dapat dengan lancar. Sementara itu Menteri Dalam Negeri RI Tjahyo Kumolo pada video conference tersebut mengungkapkan kepada seluruh pimpinan daerah hingga ke kepala desa, wajib melakukan tugasnya untuk membantu KPUD dan Panwas daerah. “Kepada jajaran kepala daerah/ gubernur hingga sampai kepala desa dan kelurahan, hukumnya wajib untuk membantu KPUD dan PANWAS daerah karena melaksanakan tugas tugasnya tanpa ada intervensi apapun”, Jelas Tjahyo Kumolo.

Pada kesempatan yang sama Kapolri Tito Karnavian menjelaskan mulai tanggal 23 September 2018 sudah dimulai time line, dimana dimulai masa kampanye. “Mulai kemarin (Minggu, 23/09) sudah dimulai masa penting, time line dimana dimulainya masa kampanye dimana tahapan inti dalam pelaksanaan pemilihan dimana ditingkat pusat akan memberikan efek domino dari pusat hingga ke Desa-desa”, Ungkap Tito. Kapolri menerangkan dalam menghadapi masa kampanye terdapat beberapa dinamika dan kegiatan internasional yang dilakukan di Indonesia dimana diantaranyaa terdapat pelaksanaan Asian Para Games yang diikuti oleh 41 negara di Jakarta pada bulan Oktober 2018, karena semua media akan meliput kegiatan ini agar perlu kita saling bertanggungjawab, dilanjutkan dengan Asian Leaders Gathering berskala internasional.

Kemudian Kapolri melanjutkan didalam massa kampanye juga terdapat perayaan keagamaan yaitu Natal dan Tahun baru dan kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh kepolisian berupa operasi lilin dan pada bulan april 2019 juga terdapat operasi ketupat 2019. Setelah mendengarkan konferensi video dari Jakarta, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengungkapkan bahwa dalam waktu mendatang akan dilakukan kampanye damai yang akan digelar di beberapa tempat di babel yang akan dikemas dalam pelaksanaan panggung gembira TNI. “Pada 8, 10, 12 Oktober 2018 Bangka Belitung akan menggelar kampanye damai di setiap daerah Kabupaten/Kota, dan ada beberapa daerah yang akan kita kaitkan dengan panggung gembira memperingati HUT TNI”, Ungkap Gubernur Erzaldi. Gubernur juga mengungkapkan bahwa kampanye damai yang akan dilakukan pada tanggal 8 Oktober 2018 akan dilaksanakan di Kabupaten Bangka, malam hari di Mentok Bangka Barat, tanggal 10 Oktober 2018 di Bangka Tengah dan Bangka Selatan dan pada tanggal 12 Oktober 2018 akan dilaksanakan di Belitung dan Belitung Timur. Gubernur berharap semakin sering melaksanakan kampanye damai ini akan menambah kebersamaan dan keakraban bagi partai politik. (*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.