Ditandai Dengan Pemukulan Bedug Bersama Menpar RI, TCoF Sesi 4 Resmi Dilaunching

0
197

RedBabel, Jakarta – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arief Yahya, dan Bupati Bangka Selatan (Basel), Justiar Noer, Rabu (17/7/2019) sore, melaunching Toboali City on Fire (TCoF) Sesi 4, yang ditandai dengan pemukulan bedug.

Kegiatan Launching yang juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Babel, Toni Purnama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Rivai, serta unsur terkait lain itu, berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata.

Event Pariwisata tahunan tersebut, dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara datang ke Babel, khususnya ke Basel.

TCoF Sesi 4 itu, akan dilaksanakan pada tanggal 25 – 28 Juli 2019 mendatang, di Kawasan GOR Junjung Besaoh Basel, dan sejumlah lokasi lainnya di Basel.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman berharap event wisata tersebut dapat menjadi sarana promosi yang efektif dalam mendatangkan wisatawan ke Bangka dan Belitung. “Semoga setiap penyelenggaraan event di Babel, pariwisata kita maju terus. Dengan kemakmuran, kesejahteraan kita semakin meningkat,” Ungkapnya.

Apresiasi yang tinggi disampaikan Gubernur kepada semua yang terlibat, termasuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel, sebagai tuan rumah TcoF Sesi 4 yang sudah mempersiapkan dengan baik.

“Dari Pemprov Babel akan mendukung semaksimal mungkin, serta kita berharap sampai selesai nanti, kegiatannya dapat berjalan lancar dan sukses,” Kata Gubernur.

Menurut Gubernur, event ini juga dapat dimaknai sebagai salah satu cara Babel untuk memperkenalkan pariwisata, kebudayaan, seni, kuliner, dan menciptakan kreativitas seniman lokal dan nasional.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam kesempatan itu, mengapresiasi pelaksanaan TCoF yang masuk dalam Calendar of Event (CoE) 2019. “Event TCOF Season 4 ini sudah dikurasi oleh Tim CoE Kemenpar dan telah memenuhi unsur 5C: Creative value, Commercial value, Communication Value, CEO commitment serta Consistency,” Jelas Menpar Arief Yahya.

Ia menyatakan, CEO Commitment Kepala Daerah (Gubernur/Walikota/Bupati) menjadi unsur penting dalam mengembangkan pariwisata, karena 50 persen keberhasilan pariwisata di daerah ditentukan oleh komitmen tersebut.

Gubernur Babel kata Menpar, membuktikan komitmennya dalam menunjukkan hasil diantaranya dengan ditetapkannya Tanjung Kelayang sebagai KEK untuk memajukan sektor pariwisata. Usaha ini mulai Kelayang Belitung sebagai satu di antara 10 destinasi pariwisata prioritas atau Bali baru oleh Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Bupati Basel, Justiar Noer mengatakan, penyelenggaraan event ini akan dimeriahkan berbagai acara, diantaranya Ngarak Telok Herujo, Habang Band Festival, Bikepacker, Festival Layang-Layang, Toboali Photo Competition, Toboali Expo, Nganggung 1000 Dulang, Touring Motor, Toboali Fashion Carnival, Lomba Memancing, Toboali Food Street Festival, Mural Festival, Festival Tari Kreasi Daerah, Vlog Competition, Parade Budaya, Lomba Lukis Tudung Saji, Famtrip, dan Pameran Photo. (*AB/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.