Disbudpar Babel Terima 28 Finalis Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

0
258

RedBabel, Pangkalpinang- Para peserta Pemilihan Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018 diminta untuk dapat menjaga kesehatan selama menjalani masa karantina, agar dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan sebaik-baiknya.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata (SDP), Ekraf, dan Kelembagaan Kepariwisataan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Widyastuti saat menerima finalis dan meresmikan kegiatan karantina Pemilihan Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2018, di Hotel Bangka City, Pangkalpinang, Rabu (26/9/2018).

Sejumlah rangkaian kegiatan telah disiapkan panitia. Widya juga mengatakan bahwa terdapat sejumlah aturan yang wajib diikuti selama karantina.

“Selama menjalankan karantina ada peraturan yang wajib adik-adik patuhi. Kami pastikan peraturan tersebut tidak berat, intinya adalah kedisipilinan. Dan hal ini dimaksud agar adik-adik dapat mengikuti rangkaian kegiatan secara teratur,” kata Widya.

Widya mengatakan sebagai calon Duta Wisata Bangka Belitung, para finalis berperan sebagai ambassador pariwisata.

“Mereka ini adalah calon ambassador pariwisata Bangka Belitung. Selain pengetahuan umum, tentu saja mereka harus mengetahui informasi terkait kemajuan dan perkembangan pariwisata di Bangka Belitung,” katanya.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan Audiensi dengan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Politik, Pemerintahan, Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syahrudin.

Syahrudin mengapresiasi semangat para finalis dalam mengikuti ajang Duta Wisata ini. Dia mengatakan Duta Wisata sangat berperan dalam menyebarluaskan informasi kepariwisataan Bangka Belitung kepada khalayak ramai.

“Duta Wisata ibarat angin yang menerbangkan layang-layang. Layang-layang yang terbang tinggi diibaratkan raihan prestasi kepariwistaan yang diraih Bangka Belitung. Capaian ini harus ada yang menginformasikannya kepada khalayak dan ada aksi nyatanya, agar tidak menjadi sekedar capaian dan kemudian dilupakan,” kata Syahrudin.

Ajang Duta Wisata diikuti 28 finalis yang berasal dari kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain pembekalan materi, para finalis akan mengikuti serangkaian kegiatan, seperti beauty class, sesi foto, dan latihan koreografi. Disamping itu, para finalis juga akan mengikuti tes tertulis, interview, dan melakukan unjuk bakat sebagai bagian dari penilaian.

Materi pembekalan yang akan diberikan kepada para finalis, yakni materi terkait bidang psikologi, pariwisata, pengetahuan umum, bahasa Inggris, dan budaya. Masa karantina akan berlangsung hingga menjelang malam Grand Final yang akan dilangsungkan pada Sabtu malam (29/09). (*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.