Didampingi Gubernur Erzaldi, Menhub dan Menkominfo Kunjungi Jembatan Emas Babel

0
279

RedBabel, Pangkalpinang- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara melakukan kunjungan kerja ke Bangka Belitung. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman beserta rombongan menyambut hangat kedatangan kedua tamu VIP tersebut pada hari Rabu pagi (25/07) di Bandara Depati Amir. Kedatangan kedua tamu VIP tersebut berkenaan dengan kegiatan dialog nasional ke-17 dengan tema “Indonesia Maju” yang akan digelar di Gelanggang Olahraga Sahabuddin dan melihat Jembatan EMAS dan pelabuhan Pangkalbalam.

“Kami hadir untuk menyampaikan pada masyarakat bahwa pemerintah sudah membangun Indonesia, kita inginkan bahwa Bangka Belitung juga akan tumbuh menjadi bagian tanah air yang berkembang pesat”, Ungkap Budi. Acara ramah tamah penyambutan tersebut pun berlanjut dengan mengunjungi Jembatan EMAS  guna melihat bersama pengoperasian dan mekanisme pengangkatan Jembatan EMAS dengan sistem Twin Leaf Bascule yang dapat membuka dan menutup, yang menjadi ikon kebanggan Bangka Belitung.

Dijelaskan bahwa sistem buka tutup jembatan tersebut didesain dengan tiga sistem, yaitu otomatis, semi otomatis, dan manual. Keseluruhan sistem memiliki kecepatan buka tutup yang berbeda, dengan waktu tunggu maksimum berkisar 10 menit. Interval waktu buka tutup ini menyesuaikan dengan jadwal pasang surut air laut dan lalu lintas keluar masuk kapal di pelabuhan Pangkal Balam. Menteri Perhubungan menjelaskan akan meninjau Pelabuhan Pangkalbalam yang saat ini relatif sudah dangkal, dan direncakan akan dipindahkan menjadi lebih kedepan posisinya. Budi juga berharap Pelindo dapat bekerjasama dengan swasta untuk membangun.

“Tapi saya syaratkan tidak boleh lebih dari dua tahun untuk selesai, jadi dari mulai desain hingga selesai butuh dua tahun”, Tegas Budi. Menurut Menteri Perhubungan, dengan hadirnya Jembatan EMAS ini telah menjadi icon daerah dan berharap pembangunan yang sudah ada sebaiknya dapat diberdayakan menjadi suatu ikon wisatawan. “Saya menyarankan disini atau disekitarnya dibangun suatu destinasi wisata sehingga dapat menjadi salah satu ikon nasional”, Tutup Budi. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.