Calon Penumpang Bandara Depati Amir Pangkalpinang Diimbau Untuk Mengunduh Aplikasi PeduliLindungi

0
183

RedBabel-PANGKALPINANG – PT. Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang mewajibkan calon penumpang yang menggunakan smartphone untuk mengunduh aplikasi “PeduliLindungi”.

Executive General Manager Bandara Depati Amir Pangkalpinang Muhammad Syahril menjelaskan, dari aplikasi ini banyak manfaat yang diperoleh bagi pengguna jasa bandara.

“Penumpang tidak perlu bawa kertas sertifikat vaksin. Nggak perlu repot-repot begitu. Data cukup disimpan di smartphone,” ujar pria yang akrab disapa Pak Syahril ini, Ahad (1/8/2021).

Executive General Manager Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Muhammad Syahril

Manfaat lain adalah dengan digitalisasi validasi itu maka tidak terjadi kontak fisik. Dengan demikian, mengurangi potensi tertular atau menularkan Covid-19.

Bagi penggunan jasa Bandara Depati Amir yang ingin mengetahui cara penggunaan aplikasi yang hanya berukuran 12 MB ini yaitu dengan cara klik aplikasi PeduliLindungi, klik Paspor Digital dan klik Hasil Test Covid19 selanjutnya akan mendapatkan barcode. Barcode tersebut dapat langsung di-scan di fasilitas barcode scaner yang telah disediakan di bandara.”

Akan tampil pada layar 2 tampilan , yaitu warna hijau Layak Terbang ataupun warna merah Tidal Layak Terbang, akan muncul warna hijau Layak Terbang apabila calon penumpang sudah melakukan vaksinasi dosis 1 minimal dan hasil RT PCR negatif dalam kurun waktu 2 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Hasil RT PCR ataupun Rapid Antigen ini akan terdeteksi di aplikasi PeduliLingungi tentunya apabila laboratorium dan fasilitas pelayanan kesehatan yang melakukan pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen dan Polymerase Chain Reaction (PCR) milik pemerintah, pemerintah Daerah, dan masyarakat/swasta yang telah melakukan entry dari hasil pemeriksaan RDT Antigen dan Uji Real time PCR ke dalam aplikasi allrecord-tc-19 (NAR) yang selanjutnya akan terintegrasi dengan system Informasi satu data COVID-19 PeduliLindungi secara real time.

Karenanya masyarakat diharapkan dapat melakukan Test COVID 19 di laboratorium dan fasilitas pelayanan kesehatan yang sudah terdaftar dan terintegrasi ke dalam sistem Informasi satu data COVID-19 PeduliLindungi.

3 pendekatan “SOCIAL ENFORCEMENT” bagi pengguna jasa bandara terhadap Aplikasi PeduliLindungi yaitu :

1. AP II sebagai Operator Bandara : Aplikasi PeduliLindungi sebagai Terminal Access Control

2. Maskapai : Aplikasi PeduliLindungi sebagai Check-in Counter Access Control.

3. KKP: Aplikasi PeduliLindungi sebagai Health Validation Process Control

Maka dari itu untuk memperoleh kemudahan bagi calon penumpang pesawat terbang silakan unduh aplikasi PeduliLindungi ini. (RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.