Bersama Ratusan Jamaah, Gubernur Erzaldi Peringati Isra’ Mi’raj

0
142

RedBabel-BASEL – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengajak seluruh masyarakat Babel menjadikan peringatan Isra Miraj, sebagai momentum untuk memperbanyak sedekah. Gubernur juga mengingatkan umat Islam untuk cerdas dalam memanfaatkan peluang dalam menghadapi tantangan saat ini.

Penegasan tersebut disampaikan oleh pria yang akrab disapa Bang ER itu, pada acara peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, di Masjid Al-Ikhlas Bukit Permai Toboali, Kamis siang (11/03/2021).

“Jika harta yang kita miliki untuk bersedekah tidak akan pernah berkurang ataupun akan membuat diri kita menjadi miskin. Karena Allah sang Maha Pemberi Rezeki untuk Umat-Nya yang senantiasa berbuat kebaikan seperti sedekah kepada orang yang membutuhkan,” ujarnya.

Gubernur Erzaldi lantas menceritakan kisah singkat keteladanan di Masa Rasulullah SAW dengan penuh semangat.

Di zaman Rasulullah, Kota Madinah pernah mengalami paceklik hingga kesulitan air bersih. Satu-satunya sumber air yang tersisa yakni, sebuah sumur milik seorang Yahudi, Sumur Raumah namanya. Kaum muslimin dan penduduk Madinah terpaksa harus rela mengantre dan membeli air bersih dari Yahudi tersebut.

Prihatin atas kondisi umatnya, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian bersabda, “Wahai Sahabatku, siapa saja di antara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta’ala.”

BACA JUGA : Genose C19, Langkah Antisipasi Gubernur Erzaldi

Seorang sahabat Rasulullah yang terkenal dermawan, Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘anhu segera bergerak untuk membebaskan Sumur Raumah itu. Utsman bin Affan segera mendatangi Yahudi pemilik sumur dan menawar untuk membeli Sumur Raumah dengan harga yang tinggi.

Setelah sebelumnya menolak, Yahudi itu pun menerima tawaran Utsman bin Affan. Ia lalu mewakafkan Sumur Raumah. Sejak itu, sumur tersebut dapat dimanfaatkan oleh siapa saja, termasuk Yahudi pemilik lamanya. Setelah diwakafkan, tumbuhlah di sekitar sumur itu beberapa pohon kurma dan terus bertambah hingga saat ini berjumlah 1.550 pohon.

Departemen Pertanian Saudi kemudian menjual hasil kebun kurma ini ke pasar-pasar. Setengah dari keuntungan itu disalurkan untuk anak-anak yatim dan fakir miskin, sedangkan setengahnya ditabung dan disimpan dalam bentuk rekening khusus milik beliau di salah satu bank atas nama Utsman bin Affan.

Lalu apa makna cerita tersebut?

“Dari cerita tersebut dapat kita ambil hikmah, apabila kita mengikuti keteladanan Baginda Nabi Muhammad SAW, maka kita akan menjadi pribadi yang baik,” jelas Bang ER.

Di samping itu, Gubernur Erzaldi juga menekankan umat Islam agar senantiasa mengambil hikmah perayaan ini, dengan fokus dan cerdas memanfaatkan peluang dalam menghadapi tantangan.

Sebagaimana diketahui Isra Miraj adalah peristiwa di mana Rasulullah SAW melakukan perjalanan pada malam hari dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Palestina. Kemudian Beliau di mirajkan oleh Allah ke Sidratul Muntaha.

Peristiwa yang di dalamnya terdapat perintah untuk melaksanakan salat lima waktu ini, terjadi pada tanggal 27 Rajab atau satu tahun menjelang hijrah ke Madinah. Isra Miraj adalah peristiwa agung dalam sejarah kerasulan Nabi Muhammad SAW yang wajib diyakini oleh setiap muslim.

Setelah menghadiri peringatan Isra Miraj, Gubernur Erzaldi juga melakukan peresmian Masjid Al-Ikhlas Toboali yang disambut gembira masyarakat setempat. Kegembiraan itu terpancar dari sambutan hangat pemerintah setempat dan masyarakat yang hadir menyaksikan peresmian masjid.

Berdasarkan informasi dari Saimi selaku Kepala Biro Kesra Babel bahwa, pada tahun 2020, Pemprov. Babel menggelontorkan dana hibah sebesar Rp150.000.000 untuk pembangunan Masjid Al-Ikhlas Toboali.

Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Jamro turut mengucapkan terima kasih kepada Gubenur Erzaldi yang sudah membantu pembangunan di Bangka Selatan, salah satunya Masjid Al-Ikhlas Toboali tersebut.

“Ditengah kesibukan beliau, masih menyempatkan untuk bersilaturhami dengan kami, tidak hanya di Bangka Selatan, namun juga di kabupaten lain. Mari kita doakan Bapak Gubernur kita senantiasa diberikan kesehatan dan kelancaran dalam memimpin Negeri Serumpun Sebalai yang kita cintai,” jelasnya.

Imal Kurnia selaku Ketua Masjid Al-IkhlasToboali menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemprov. Babel yang telah membantu dalam pembangunan masjid tersebut.

“Kami merasa senang sekali atas bantuan dari Pemprov. Babel ini. Sebagai wujud rasa terima kasih kami kepada Pemprov. Babel, kami mohon kepada Bapak Gubernur untuk meresmikan masjid kami,” ujar Imal sembari menuturkan pembangunan masjid ini memakan waktu 5 tahun.

Acara diakhiri dengan pemberian santunan zakat BAZNAS Pemprov. Babel oleh Gubernur Erzaldi yang berjumlah total Rp50.000.000 kepada 100 mustahiq, di antaranya fakir miskin, lansia, dan anak yatim piatu di kawasan Bukit Permai Toboali.

Peringatan Isra Miraj tahun ini dihadiri oleh ratusan jemaah yang terdiri dari masyarakat Toboali. Juga dihadiri tokoh setempat. Di antaranya Wakil Bupati Bangka Selatan beserta suami, Kepala Biro Kesra Setda Babel, Ketua Baznas Babel, Ketua Baznas Basel, Ketua MUI Basel, Perwakilan Organisasi Keagamaan NU, dan Muhammadiyah. (*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.