Bahas Perkembangan dan Pemberdayaan Koperasi di Pondok Pesantren, Erzaldi : Semoga Berkah Mart Dapat Bersaing Dengan Retail Modern

0
177

RedBabel, Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, Senin (19/8/2019) siang, membahas Perkembangan dan Pemberdayaan Koperasi Pondok Pesantren yang ada di Babel.

Rapat yang diselenggarakan di ruang Tanjung Pendam kantor Gubernur, di Air Itam, Pangkalpinang itu, diikuti Kepala Biro Perekonomian Setda Babel, Saimi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Babel, Elfiyena, LPPOM MUI Babel, Nardi Pratomo, dan sejumlah Pengurus Pondok Pesantren yang ada di pulau Bangka.

Gubernur dalam kesempatan itu mengatakan, pengelolaan koperasi di pondok pesantren dapat dilakukan secara mandiri, serta dapat menjual produk – produk UKM sekitar yang akan memberikan dampak terhadap pengembangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Dalam pengelolaan koperasi yang ada di pondok pesantren menggunakan konsep syari’ah, dan agar menjual produk – produk UKM,” Tegas Gubernur.

Selain itu, Gubernur Erzaldi juga mengharapkan dukungan dari koperasi-koperasi yang ada di pondok pesantren di Babel dalam mengembangkan Berkah Mart. “Saya mengharapkan koperasi – koperasi yang ada di pondok pesantren untuk mendukung Berkah Mart agar dalam prosesnya nanti dapat berkembang dengan baik dan bersaing dengan retail modren lainnya,” Jelas Erzaldi.

Terkait dengan Koperasi ASN, Erzaldi mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ini, telah melakukan langkah dalam mengumpulkan dana untuk mendirikan koperasi KORPRI yang dikelola oleh Pemprov Babel.

Sementara itu, LPPOM MUI Babel, Nardi Pratomo menyebutkan, dalam pengelolaan koperasi yang ada di Babel ataupun di pondok pesantren sebaiknya dimunculkannya sebuah koperasi berdasarkan syari’ah, atau yang disebut dengan Koperasi Syari’ah.

Dengan konsep syari’ah, menurut Nardi, akan memberikan keuntungan yang memberikan berkah yang baik bagi umat, serta terkait dengan pendapatan yang diterima merupakan sisa hasil usaha yang dibagikan kepada para pengurus. (*AB/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.