Bagi Kaum Laki-laki Berdo’a Waktu Salat Jum’at Dapat Diampuni Dosanya

0
301
Jemaah Mendengarkan Khotbah Jum'at di Masjid Al-Hidayah YAMP Gabek Pangkalpinang. (Rb)

RedBabel, Pangkalpinang- Cuaca yang begitu panas dan teriknya matahari tidak membuat seluruh Laki-laki yang ada di muka bumi ini untuk bermalasan dan berdiam diri dirumah atau di kantor, mereka bepergian ke Masjid untuk menunaikan ibadah salat fardu Jum’at berjamaah. Seperti berlokasi di Masjid Al-Hidayah Yayasan Amal bakti Muslim Pancasila (YAMP) Gabek, Kota Pangkalpinang, terdengar kumandang azan dan dilanjutkan khutbah singkat yang dibawakan oleh Ustadz Abdul Mutholif Ja’far bertemakan mensyukuri nikmat Allah SWT, Jumat (13/07). Pada hari Jum’at juga diyakini sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa dan dosa-dosa diampuni hingga hari Jumat berikutnya bila kita bertaubat dan memperbanyak membaca istighfar. Sehingga hikmah salat Jum’at sangat besar sekali.

Dalam khotbahnya, Ustadz Abdul Mutholif Ja’far juga menyampaikan, “Barang siapa yang meninggalkan salat jumat 3 (tiga) kali tanpa sebab maka Allah akan mengunci mata hatinya, serta barang siapa yang tidak mengerjakan Salat Jum’at tiga kali karena meremehkannya maka Allah akan mengunci mata hatinya”, Ungkapnya.

Keutamaan dan Sejarah Salat Jum’at
Keutamaan hari Jum’at dalam Islam adalah hari Jumat merupakan penghulunya hari (sayyidul ayyam). Hari Jum’at pun oleh umat beragama Islam dianggap sebagai hari istimewa, hal ini karena Nabi Adam As diciptakan pada hari Jum’at serta dimasukkannya beliau ke dalam surga. Selain itu, pada hari Jum’at juga hari saat Nabi Adam dikeluarkan dari surga menuju bumi, serta terjadinya kiamat yang juga akan terjadi di hari Jum’at sebagaimana yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah Hadist. Dari Aus bin ‘Aus, Rasulullah bersabda Sesungguhnya diantara hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan dan pada hari itu pula Adam diwafatkan, di hari itu tiupan sangkakala pertama dilaksanakan, di hari itu pula tiupan kedua dilakukan”, (HR. Abu Daud, An Nasai, Ibnu Majah dan Ahmad).

Masjid Al-Hidayah YAMP yang beralamat di Jalan Arwana Kelurahan Gabek 1 Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang ini didirikan 7 Januari 1997 oleh Yayasan Amal bakti Muslim Pancasila dan ditanda tangani Presiden ke 2 RI Soeharto,terlihat tampak di dinding bagian dalam masjid. Dengan kajian rutin dan kajian Akbar yang sering mendatangkan penceramah dari Bangka Belitung maupun luar daerah. Masjid yang kini di Ketuai oleh Ir.H.Yazan Matzen sering dimanfaatkan untuk anak anak TPA, Pengajian Ibu -ibu, Majelis taklim Serta Manasik haji. (Rb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.