Babel Run 2018, Ajang Promosi Wisata Bangka Belitung

0
414

RedBabel, Pangkalpinang- Lomba lari atau event sport tourism bertaraf nasional, yang bertajuk Babel Run 2018 10 K dan Half Marathon ini akan dilaksanakan Sabtu,  29 September 2018, dengan start di depan Bhayangkara Park dan finish di Jembatan Emas Pantai Kuala. Untuk menyuskseskan Babel Run 2018 ini, Selasa (28/8/2018) digelar rapat koordinasi yang berlangsung di ruang pertemuan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Rapat untuk meminta masukan dan saran dari peserta rapat yang terdiri atas Polda Bangka Belitung, Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Satplol PP, Dinas Kesehatan, Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Babel, Imigrasi Babel, Dinas PUPR, serta dari instansi  lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov Babel, melalui, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Arie Primajaya, saat rapat mengungkapkan, Babel Run 2018 kembali digelar karena semakin tingginya respon peserta pada Babel Run 2017.

“Syukur alhamdulillah, setelah sukses pelaksanaan Babel Run 2017, kami kembali menggelar Babel Run 2018. Dan sejak pendaftaran dibuka melalui website, sudah ratusan peserta yang mendaftar. Selain peserta dari dalam negeri, pendaftar yang tertarik untuk mengikuti kegiatan ini juga berasal dari luar negeri,” ungkap Arie.

Arie menambahkan, Babel Run 2017 akan berbeda dengan Babel 2017 dimana akan ada penambahan kategori untuk Babel Run 2018. “Selain 10 K pada Babel Run 2018 akan ada penambahan kategori 21 K. Penambahan untuk kategori 21 K ini kami lakukan karena antusiasme peserta yang akan meramaikan kegiatan ini,” jelasnya.

Dikatakan Arie, pada rencana awal Babel Run 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 9 September 2018, namun ditunda dan difinalkan menjadi tanggal 29 September 2018. Perubahan rencana tanggal pelaksanaan itu dilakukan untuk menyesuaikan jadwal event dari peserta nasional lainnya.

“Gelaran Asian Games kan ditutup sekitar tanggal 2 September dan sejumlah pelari yang terlibat di Asian Games juga akan ada waktu untuk mempersiapkan diri mengiuti Babel Run 2018 jika digelar pada tanggal 29 September. Selain itu juga pada tanggal 9 September 2018 akan ada juga lomba lari yang digelar di Bali,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihak panitia akan memberikan medali kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini jika mencapai finish. Pemberian medali itu sebagai motivasi dan kenang-kenangan kepada peserta bahwa telah mengikuti Babel Run 2018.

“Babel Run 2018 ini kita selenggarakan untuk mempromosikan pariwisata Babel. Dengan gelaran event ini kita berharap akan semakin banyak kunjungan wisatawan ke Babel dan Babel akan semakin terkenal,” katanya.

Untuk kategoti 10 K, start di depan Bhayangkara Park-Pertigaan Banda Depati Amir-Jalan Alexander-Citraland Botanical City-Jembatan Emas-Pantai Kuala. Sedangkan untuk half marathon 21 K, start di depan Bhayangkara Park-DPRD Babel-SMPN 10-Tanjungbunga-Pantai Pasirpadi-BBG-Jembatan Emas-Pantai Kuala. (*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.