Babel Raih Predikat Provinsi Informatif. Prestisius

0
70

RedBabel-PANGKALPINANG – Upaya serta kerja keras pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung di bawah kepemimpinan Erzaldi Rosman membuahkan hasil yang membanggakan. Penghargaan sebagai Provinsi Informatif tahun 2020 berhasil diraih.

Rabu 25/11/20, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov. Babel) dinobatkan sebagai Provinsi Informatif. Capaian ini diumumkan langsung pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang diselenggarakan secara virtual dan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Sebagai catatan di tahun 2019 lalu, Pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung dalam kategori tidak informatif, bahkan berada di posisi tiga terendah se-Indonesia.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sudarman mengatakan penghargaan bergengsi tingkat nasional yang diraih Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berdasarkan manajemen dari pimpinan daerah dalam hal ini Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

“Ini luar biasa, kita tentunya bangga atas pencapaian Pemerintah Provinsi Bangka Belitung pada hari ini. Ini merupakan lompatan besar setelah tahun sebelumnya kita berada di kategori provinsi yang tidak informatif,” ujar Sudarman

Dari 34 provinsi di Indonesia, Bangka Belitung memperoleh nilai 94,53. Berada di urutan ke tujuh dari 34 provinsi di Indonesia.

Gubernur provinsi kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman saat menerima penghargaan

Menurutnya, capaian ini tidak lepas dari komitmen dan upaya kita bersama dalam menyediakan dan memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat.

“Predikat ini merupakan hasil monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi Pusat tahun 2020. Capaian ini harus bisa kita pertahankan, serta terus berupaya meningkatkannya. Ketersediaan dan kemudahan masyarakat memperoleh informasi akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun Bangka Belitung,” Ungkapnya.

Penghargaan nasional ini tidak terlepas dari kerja sama semua pihak terutama internal Diskominfo Babel sehingga sinergi tersebut mengantarkan kepada perolehan penghargaan.

“Karena jika tidak sinergi, tidak kuat kolaborasinya maka perhargaan yang diperoleh tidak akan maksimal,” ungkapnya lagi.

Dijelaskan lebih lanjut, kunci dari pelayanan publik adalah masyarakat dapat mengakses pelayanan dengan mudah, cepat, efisien, dan murah tanpa prosedur yang lambat.

“Indikator Diskominfo Babel telah memberikan pelayanan tanpa prosedur yang berbelit kepada publik, sehingga berkurangnya keluhan masyarakat terhadap pelayanan.
Artinya sudah diakui atau sudah berhasil mendapat kepuasan publik,” jelasnya.

“Kita di bawah berfungsi menjalankan atau mengeksekusi dari setiap kebijakan gubernur. Kita terjemahkan dan dilaksanakan dengan taat, loyal, dan konsekuen sehingga, prestasi-prestasi itu diraih dari hasil inovasi kebijakan dan deskripsi yang diberikan oleh gubernur kepada kita di perangkat daerah, pada periodenya tahun 2017-2022,” tegasnya. (*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.