Babel Masuk Dalam ALKI, Gubernur Erzaldi Mengajukan Bantuan Ke Basarnas

0
151

RedBabel, Pangkalpinang – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang merupakan salah satu daerah kepulauan di Indonesia, menjadi daerah di posisi Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI), namun hingga saat ini, masih belum memiliki fasilitas pertolongan kecelakaan yang memadai.

Berpijak dari kondisi itulah, Gubernur Babel Erzaldi Rosman, akan mengajukan bantuan ke Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau dikenal dengan BASARNAS berupa Helikopter dan Kapal Laut dengan kapasitas sedang.

Kepada awak media, Senin (30/9/2019) siang, Gubernur menjelaskan, kenapa pihaknya ingin mengajukan Helikopter dan Kapal Laut itu. Tidak lain, dijelaskannya, karena Babel adalah titik yang sangat strategis, di mana dalam sehari saja dilalui kurang lebih 268 lintas kapal dan lintas pesawat.

Di samping itu, Gubernur menambahkan, mempertimbangkan juga kecelakaan-kecelakaan seperti kecelakaan pesawat beberapa tahun lalu yang lokasinya tak begitu jauh dari Babel.

“Ingat! Babel ini adalah jalur Alki, yang mana jalur ini tentunya sama, lalu lalang kapal-kapal di laut kita ini sangat banyak. Tentunya ketika terjadi sesuatu, tanggap yang lebih dekat adalah dari Babel,” Ujar Erzaldi.

Karena posisi itulah, Gubernur Erzaldi menegaskan untuk meminta dukungan ke BASARNAS agar disiapkan Helikopetr dan Kapal SAR yang lebih besar.

“Memang, kita sudah dapat kapal tipe yang kecil, sekarang kita mau minta tipe yang sedang, yang jelajahnya lebih jauh. Karena gelombang laut kita inikan sangat tinggi, kalau kita pakai yang ada sekarang kurang efektif,” Ungkap Gubernur.

Berkenaan dengan pembiayaan, jika itu disetujui, Gubernur mengatakan, untuk helikopter itu nanti Babel hanya menanggung tempat penginapan pilotnya, dan bantuan operasional yang belum diperoleh di BASARNAS, misalnya pulang pergi pilot bila itu nanti sudah dibuat dalam perjanjian.

“Kita pihak daerah juga bisa menggunakan helikopter itu, karena kita inikan pulaunya banyak. Ini kita baru mau mengajukan, mudah-mudahan dikabulkan,” Harap Gubernur Erzaldi. (*AB/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.