Babel Harus Menjadi Provila, Itu Tekad Gubernur Erzaldi

0
252

Redbabel, PANGKALPINANG – Provila adalah singkatan dari Provinsi Layak Anak. Ini merupakan tekad Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, untuk mewujudkan Babel menjadi Provinsi Layak Anak.

hal itu, ditegaskan Gubernur, saat membuka Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Menuju Kepulauan Bangka Belitung Provinsi Layak Anak (PROVILA) di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Babel, Jum’at (1/3/2019), melalui sinergi bersama stakeholder dan masyarakat Babel.

Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Layak Anak Menuju Kepulauan Bangka Belitung Provinsi Layak Anak ini, turut diikuti Kepala DP3ACSKB Babel, Susanti, Kepala Dinas Kesehatan Babel, Mulyono, perwakilan unsur Forkopimda Babel, Pimpinan OPD Kabupaten/Kota, dan instansi terkait lainnya.

“Jadi, mau tidak mau, tidak ada tawaran lain, selain kita harus menuju ke Provinsi dan Kabupaten/Kota Layak Anak,” tegas Gubernur.

Lebih lanjut Gubernur menjelaskan, dalam mengurus Provinsi Layak Anak, Kabupaten/Kota dan Provinsi Babel harus saling bersinergi, sehingga rumusan dan program ke depan sebagai Provinsi Layak Anak dapat diwujudkan bukan hanya tag line semata.

Apabila ditetapkan sebagai Provinsi Layak Anak, sambung Gubernur, maka Babel harus  berkomitmen memenuhi hak-hak anak, seperti hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan, partisipasi dan identitas.

“Saya yakin dan percaya dengan kualitas keluarga yang baik, maka kualitas SDM di daerah akan meningkat,“ ujar Gubernur.

Dengan Sumber Daya Manusia yang kuat, didukung keluarga berkualitas, akan memberikan kesejahteraan dan kebahagian bagi keluarga dan anak, yang juga merupakan modal utama dalam membangun bangsa Indonesia.

Sementara itu, Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak, Lenny N. Rosalin mengungkapkan, terdapat lima klaster konvensi Hak Anak yang harus dilakukan di era Otonomi Daerah dalam mewujudkan Provinsi dan Kabupaten/ Kota Layak Anak.

“Lima Klaster konvensi Hak Anak  di era Otonomi Daerah dalam mewujudkan Kabupaten/ Kota Layak Anak, diantaranya, Klaster Pertama Hak Sipil dan Kebebasan; Klaster Kedua  Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan alternative; Klaster Ketiga Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan; Klaster Keempat Pendidikan, Pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya; Klaster Kelima Perlindungan Khusus melalui pemenuhan hak anak, sehingga menciptakan perlindungan anak yang tepat,”.

Untuk mewujudkan Provinsi Layak Anak bagi Babel, setiap stakeholder dan masyarakat harus saling bersinergi dalam meningkatkan kualitas hidup dan perlindungan anak. Tutup Lenny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.