Angin Tenggara Sebabkan Air Laut Pantai Pasir Kuning Menjadi Kotor

0
741
Pantai Pasir Kuning Tempilang. (Sdy)

RedBabel, Bangka Barat- Provinsi Bangka Belitung memang terkenal dengan keindahan pantai salah satunya yaitu Pantai Tempilang (Pantai Pasir Kuning) Pantai yang terletak di Desa Air Lintang Kacamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat saat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat Tempilang. Dengan keindahan pantainya juga mempunyai keunikan yakni pantai ini memilki hamparan pasir berwarna kuning.

Menurut Alfian salah satu pengurus pantai pasir kuning sekaligus pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) ketika dijumpai RedaksiBabel, Minggu (15/07) dilokasi pantai mengatakan, “Pantai Pasir Kuning dalam pengelolaannya dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk retribusi bagi para pengunjung dikenakan tarif mobil Rp 5 ribu dan sepeda motor Rp 2 ribu. Di pantai Pasir Kuning ini tiap tahunnya oleh masyarakat setempat sering diadakan tradisi upacara adat yang sudah turun temurun dilaksanakan yaitu upacara perang ketupat yang dilaksanakan sebelum puasa biasa disebut hari Ruahan menyambut bulan Ramadhan”, Terangnya.

Pengunjung Pantai Pasir Kuning Tempilang, Minggu 15/07. (Sdy)

“Untuk hari hari biasa ataupun hari libur banyak masyarakat yang berkunjung ke Pantai Pasir Kuning pengunjung juga bukan hanya dari Kabupaten Bangka Barat melainkan dari luar daerah Bangka Barat”, Tambahnya. Lebih lanjut ia katakan, “Biasanya air laut tampak terlihat bersih dan sering dijadikan pengunjung untuk mandi dan kebetulan pada bulan ini sedang mengalami musim angin Tenggara yang mengakibatkan air laut tampak terlihat keruh atau kotor”, Jelasnya. “Dengan pengelolaan yang dilakukan melalui BUMDES setempat hal ini juga bisa menambah pemasukan untuk Desa setempat”, Ujarnya. Tak heran jika akhir pekan pantai Pasir Kuning yang terletak di Desa Air Lintang Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat inj selalu ramai di datangi para pengunjung. (Sdy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.