Alur dan Tata Tertib Layanan Kunjungan Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Lapas Kelas IIa Tua Tunu

0
235

 

Redbabel,  Pangkalpinang – Lapas Kelas IIA Pangkalpinang (Lapas Pangkalpinang) menerapkan alur dan tata tertib terkait layanan kunjungan tatap muka Hari Raya Idul Fitri 1444 H kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Alur dan tata tertib diterapkan agar layanan kunjungan berjalan lancar sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Penerapan alur dan tata tertib Layanan Kunjungan ini di simulasikan langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Pangkalpinang, Badarudin beserta Pejabat Struktural dan staf.

Kalapas Badarudin menjelaskan bahwa alur dan tata tertib ini diterapkan untuk memberikan informasi yang akurat kepada warga binaan mengenai tata cara kunjungan tatap muka yang akan dilaksanakan pada hari pertama, kedua dan ketiga Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Alur dan tata tertib Layanan Kunjungan ini penting diterapkan untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman dalam pelaksanaan kunjungan tatap muka lebaran nanti,” ungkapnya.

Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib (Kasi Adm Kamtib), Kasdan, menambahkan bahwa sosialisasi ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Lapas Pangkalpinang.”Kita ingin memberikan pelayanan terbaik kepada warga binaan dan keluarganya, terutama pada saat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Oleh karena itu, perlu memberikan informasi yang jelas dan transparan mengenai alur dan tata cara kunjungan tatap muka,” tambah Kasdan

Dody wijaya selaku KPLP menyampaikan dalam kegiatan kunjungan Lebaran idul Fitri ini, petugas Rupam dibantu oleh pegawai staf yang berjumlah 14 orang pegawai setiap harinya, sehingga kekuatan personil setiap harinya berjumlah 24 petugas, sesuai sprint yang di keluarkan oleh Ka Lapas..

Dalam sosialisasi tersebut, Adam Ridwansyah selaku Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Kasi Binadik) turut memberikan penjelasan mengenai alur dan tata tertib layanan kunjungan tatap muka lebaran. “Dalam 1 Hari dibagi menjadi 2 sesi yaitu Sesi pertama pada jam 09.00 WIB s/d 11.30 WIB dan Sesi Kedua Pada Jam 13.00 WIB s/d 15.00 WIB, Untuk warga binaan yang dikunjungi diperbolehkan pengikut maksimal 6 (enam) orang yaitu keluarga inti yang di prioritaskan, seluruh syarat dan ketentuan kunjungan harus dipatuhi oleh warga binaan dan keluarganya demi menjaga keamanan dan kenyamanan selama kunjungan tatap muka Hari Raya Idul Fitri 1444H,” ujar Adam.

Diharapkan dengan adanya penerapan alur dan tata tertib ini, warga binaan dan keluarganya dapat memahami tata cara kunjungan tatap muka dan dapat berlangsung dengan lancar dan aman. Selain itu, sosialisasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Lapas Pangkalpinang dalam memberikan pelayanan Prima. (Sbh/RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.