AITI Ikuti Rapat Bersama Komisi VII DPR RI Terkait Pelarangan Ekspor Timah

0
58
Ketua AITI Babel, Ismiryadi Saat Rapat Dengar Pendapat di Komisi VII DPR RI

RedBabel-JAKARTA — Ketua Asosiasi Industri Timah Indonesia (AITI), Ismiryadi beserta beberapa orang pengurus mengikuti Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di ruang rapat Komisi VII DPR RI terkait wacana pelarangan ekspor timah.

Dalam pandangannya, Ismiryadi menjelaskan bahwa sejak tahun 2004 hingga sekarang telah dilakukan hilirisasi timah di Babel, dari berupa pasir timah, ore ke ingot, ke balok, sehingga sekarang telah berbentuk tin ingot triple 9.

Ismiryadi menjelaskan bahwa timah sebagai tulang punggung ekonomi masyarakat provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sejak puluhan tahun, jika ekspor timah dilarang, maka masyarakat Babel akan resah dan ekonomi Babel kolaps.

“Perlu diketahui, bahwa sejak adanya wacana pelarangan timah beberapa bulan lalu, ekonomi Babel sudah mulai lesu, daya beli masyarakat menurun. Ini baru wacana, bagaimana jika memang benar-benar dilarang?”, ungkapnya.

Dalam RDPU yang diketuai oleh Sugeng Suparwoto sekaligus ketua Komisi VII DPR RI dan diikuti oleh 28 orang anggota Komisi VII ini menghasilkan beberapa poin kesepakatan, diantaranya “bahwa Komisi VII DPR RI bersama AETI dan AITI bersepakat agar pembatasan/pelarangan ekspor timah dilakukan secara bertahap dan disertai upaya menumbuhkan industri hilir timah dengan rentan waktu dan target yang lebih terukur,”. (RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.