48 KPM Desa Pangkal Buluh Terima BST

0
72

RedBabel-BASEL – Bantuan Sosial Tunai (BST) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali disalurkan. Kali ini keluarga miskin terdampak Covid-19 tahun 2020 di Desa Pangkal Buluh, Kabupaten Bangka Selatan, yang menerima BST tersebut.

Selasa 08/12/20, dalam sambutan acara penyerahan BST Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, minta agar uang santunan digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan pokok menghadapi pemulihan pascapandemi Covid-19.

Bantuan uang tunai diserahkan secara simbolis kepada tiga orang warga Desa Pangkal Buluh sebesar Rp 300.000 per KPM dengan total penerima yang mendapat bantuan ini sebanyak 48 orang yang melalui Bank Rakyat Indonesia dalam rekening tabungan.

Dijelaskan Gubernur Erzaldi, santunan yang disampaikan ini harus melalui beberapa tahapan terutama untuk menutupi penanggulangan Covid-19 yang terjadi di Babel. Sehingga bantuan ini baru dapat dipastikan jumlahnya dan disalurkan di penghujung tahun.

“Saya minta, bantuan yang disampaikan tolong dibelikan sesuatu yang betul-betul bermanfaat,” ungkapnya.

Bantuan yang disampaikan pemerintah diharapkan tidak dilihat dari sisi nilainya karena, Gubernur Erzaldi yakin bantuan ini akan menjadi berkah dengan catatan dibelanjakan untuk kebutuhan pokok.

BACA JUGA :Pasien Covid-19 Melonjak, Gubernur Erzaldi Pimpin Rapat Koordinasi

Dalam sambutannya, Gubernur Erzaldi mengingatkan agar pemegang rekening tidak menghilangkan buku tabungan.

“Disimpan baik-baik karena jika ada bantuan lagi, akan disalurkan melalui rekening bank yang sama atas nama masing-masing penerima,” tegasnya.

Kepala Desa Pangkal Buluh juga mengatakan hal serupa, dirinya berharap kepada penerima bantuan agar bantuan ini dibelanjakan di lingkungan desa, agar warga yang mendapat rezeki bisa membagi rezeki nya kepada toko-toko lokal di Desa Pangkal Buluh.

Dijelaskannya juga, sebagai Kades, dirinya cukup bersyukur, pasca Covid-19, harga sawit, sahang (lada) dan karet mengalami kenaikan, sehingga mampu mendongkrak ekonomi masyarakat pada masa pemulihan ini.

Pihak BRI yang diwakili oleh Asisten Bisnis Mikro, Ali Purnama mengatakan penyaluran BST sudah berjalan minggu lalu. Dilaporkan kepada Gubernur Erzaldi dalam pelaksanaannya cukup baik dan lancar. Sabtu lalu juga dilaksanakan penyaluran di Desa Payung dengan sedikit kendala ketidakhadiran beberapa penerima dan oleh BRI telah diserahkan kepada pihak desa untuk disampaikan kepada penerimanya langsung.

“Mekanisme penyaluran kami bayarkan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku,” ungkapnya kepada Gubernur Erzaldi.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan Pemerintah Provinsi, ke depan kami sangat terbuka untuk penyaluran bantuan lagi dari pemerintah,” ungkapnya. (*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.