11 Bandara AP II Raih K3 Awards 2023 serta Sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dari Kemenaker RI

0
104

*Raih Penghargaan, Bandara AP II Punya Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terbaik*
RedBabel-JAKARTA — Kementerian Ketenagakerjaan kembali menggelar penganugerahan Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3 Awards).

Pada ajang tahun ini PT Angkasa Pura II memasukkan 11 bandara dalam proses audit K3 Awards 2023 dan untuk meraih Sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

Hasilnya, sebanyak 11 bandara AP II yang mengikuti proses itu mendapatkan penilaian tinggi dengan Tingkat Pencapaian Memuaskan dan berhak mendapat Penghargaan K3 Awards 2023 kategori Bendera Emas serta sertifikasi SMK3 dari Kemenaker.

Kategori Bendera Emas diberikan kepada insitusi yang mendapat nilai tingkat pencapaian penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebesar 85% – 100%.

Penghargaan K3 Awards 2023 dan sertifikasi SMK3 tersebut diberikan langsung oleh Kemenaker kepada AP II pada 22 Juni 2023.

Adapun ke-11 bandara AP II itu adalah Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Thaha (Jambi), Minangkabau (Padang), Supadio (Pontianak), Depati Amir (Pangkalpinang), Soekarno-Hatta (Tangerang), Sisingamangaraja XII (Tapanuli Utara), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Sultan Iskandar Muda (Aceh) dan Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang).

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan K3 Awards 2023 ini menandakan bahwa 11 bandara AP II telah dengan baik menerapkan sistem keselamatan dan kesehatan kerja sehingga dapat optimal memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Keselamatan dan Kesehatan Kerja menjadi prioritas AP II untuk lingkungan kerja yang sehat dan aman, sehingga dapat memberikan pelayanan publik secara optimal.”

“Sebanyak 11 bandara AP II yang menjalani audit berhasil meraih K3 Awards 2023 kategori Emas dan sertifikasi SMK3. Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Ketenagakerjaan dan seluruh pihak atas dukungannya sehingga bandara-bandara AP II berhasil menerapkan dengan baik sistem keselamatan dan kesehatan kerja,” ujar Muhammad Awaluddin.

Sebagai operator bandara, lanjut Muhammad Awaluddin, AP II harus dengan ketat menjalankan program keselamatan dan kesehatan di bandara.

“Bandara sendiri merupakan satu kawasan dengan beragam aktivitas dari berbagai stakeholder. Kami berupaya untuk selalu memastikan aspek keamanan dan kesehatan bagi staf bandara dari berbagai institusi, bagi pengunjung bandara serta penumpang pesawat,” ujar Muhammad Awaluddin.

Pada tahun depan akan diupayakan bandara-bandara AP II lainnya untuk mengikuti audit K3 Awards dan sertfikasi SMK3.

Director of Operation AP II Wendo Asrul Rose mengungkapkan AP II telah menjalankan sejumlah program untuk memastikan keselamatan dan kesehatan kerja.

“Secara rutin bandara-bandara AP II menjalankan Terminal Safety Campaign dan Ramp Safety Campaign guna memastikan aspek keselamatan bagi para pekerja dan penumpang pesawat. AP II juga melakukan sosialisasi keselamatan dan kesehatan kerja secara berkala di lingkungan bandara,” ujar Wendo Asrul Rose.

Di samping itu, bandara AP II juga memastikan perlindungan bagi staf bandara dan penumpang pesawat misalnya saat pandemi COVID-19.

“Kami berharap berbagai program ini dapat memperkuat upaya bandara AP II dalam memastikan keselamatan dan kesehatan kerja,” ujar Wendo Asrul Rose.(*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.